4 Jenis Lokasi Perusahaan

Jenis-Jenis Lokasi, Jenis Lokasi Perusahaan, Teknik Menentukan Lokasi Dan Layout, Kewirausahaan

Dengan Memahami Jenis-Jenis Lokasi Yang Ada Dapat Membantu Kita Memahami Lebih Baik Kegunaan Dan Karakteristik Dari Suatu Lokasi Tertentu

    Jenis lokasi mengacu pada klasifikasi atau pengelompokan lokasi berdasarkan karakteristik tertentu. Jenis-jenis lokasi dapat dibedakan berdasarkan berbagai faktor seperti lokasi geografis, jenis bangunan, penggunaan dan lain-lain
    Lokasi digunakan untuk berbagai keperluan perusahaan. Pemilihan lokasi tergantung dari jenis kegiatan usaha atau kegiatan investasi yang dijalankan. Setiap perusahaan paling tidak memiliki empat jenis lokasi yang dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan dan keperluan perusahaan sebagai berikut:

1. Lokasi Untuk Kantor Pusat Perusahaan

    Lokasi kantor pusat merupakan lokasi yang mengendalikan kegiatan operasional cabang-cabang. Semua laporan kegiatan bisnis dan pengambilan keputusan dilakukan di kantor pusat. Kantor pusat juga digunakan untuk mengendalikan seluruh akvititas cabang-cabang usaha. Lokasi untuk kantor pusat biasanya berada di ibu kota negara atau provinsi seperti di Jakarta.

2. Lokasi Untuk Kantor Cabang Perusahaan

    Lokasi cabang adalah lokasi untuk kegiatan usaha perusahaan dalam melayani konsumen dan pelanggan. Lokasi untuk kantor cabang juga digunakan untuk memajang hasil dari produksi atau berbagai jenis barang yang dijual. Letak lokasi cabang biasanya dekat dengan pasar, konsumen dan pelanggan

3. Lokasi Untuk Pabrik Perusahaan

    Lokasi pabrik digunakan untuk memproses atau memproduksi produk, barang atau jasa. Lokasi untuk pabrik biasanya didirikan dengan berbagai pertimbangan yang matang, apakah mendekati bahan baku, mendekati pasar, sarana dan prasarana atau transfortasi.

4. Lokasi Untuk Gudang Perusahaan

    Lokasi gudang yaitu tempat penyimpanan barang atau produk milik perusahaan baik untuk produk atau barang yang masuk maupun yang keluar. Lokasi untuk gudang biasanya didaerah kawasan pergudangan. Hal ini dilakukan karena lokasi di sekitar kawasan pergudangan terkenal aman dan memiliki sarana dan prasarana yang lengkap.

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan.

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui jenis-jenis lokasi dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.
Next Post Previous Post