4 Syarat Seorang CS

Syarat-Syarat Yang Harus Dipenuhi Oleh Seorang CS, Syarat Seorang CS, Syarat Seorang Customer Service, Customer Service

Seorang CS Biasanya mengacu pada Customer Service Atau Layanan Pelanggan Dalam Bahasa Indonesia

    Seorang customer service adalah individu atau tim yang bertanggung jawab untuk memberikan dukungan dan layanan kepada pelanggan suatu perusahaan atau organisasi. Tujuan utama dari Customer Service adalah untuk merespon kebutuhan, pertanyaan atau masalah yang dihadapi oleh pelanggan dengan cara yang efisien, ramah dan profesional. Fungsi CS melibatkan interaksi dengan pelanggan dalam berbagai saluran komunikasi, termasuk email, telepon, obrolan online, media sosial, surat, tatap muka. Tim customer service (CS) berperan sebagai perwakilan perusahaan yang berhubungan langsung dengan pelanggan dan tugas CS (Customer Service) adalah bertanggung jawab untuk memberikan dukungan dan pelayanan kepada pelanggan seperti menjawab pertanyaan pelanggan, menyediakan informasi produk, mendukung proses pembelian, mengatasi keluhan pelanggan. 
    Begitu berat fungsi dan tugas yang diemban oleh seorang CS dalam memberikan layanan kepada pelanggan dan menjaga citra baik perusahaan. Oleh karena itu, syarat-syarat untuk menjadi seorang CS pun harus ditetapkan perusahaan secara ketat. Sebelum ditugaskan, CS harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan tertentu seperti persyaratan fisik, persyaratan kepribadian, persyaratan mental dan persyaratan sosial. Persyaratan ini mutlak dipenuhi sehingga seorang CS mampu mengemban tugasnya dengan baik.
    Berikut ini syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh seorang CS yang baik sebagai berikut:

1. Persyaratan Fisik

    Fisik merupakan tampilan utama yang dilihat pelanggan. Oleh karena itu, seorang CS harus memiliki cici-ciri fisik yang menarik. Ciri fisik ini seperti tinggi yang ideal dengan berat badan, misalnya seorang wanita 160 cm dan laki-laki 165 cm. Seorang CS hendaknya memiliki wajah yang menarik dan menawan serta jiwa yang sehat. Artinya seorang CS harus sehat jasmani dan rohaninya.

2. Persyaratan Kepribadian

    Seorang CS juga dituntut memiliki kepribadian yang baik, seperti murah senyum, sopan santun, lemah lembut, simpatik, lincah, energik, menyenangkan, berjiwa bisnis, memiliki rasa humor yang tinggi. Dalam melayani pelanggan, kesan pertama yang mengesankan (first impression) perlu ditonjolkan. CS juga harus mampu mengendalikan diri (self control), tidak mudah marah, tidak terpancing untuk berbuat dan berkata kasar, tidak sabar dan tidak puas. Kemudian CS harus mampu mengendalikan gerakan-gerakan tubuh yang mengesankan serta tidak terpancing untuk berbicara hal-hal yang bersifat negatif.

3. Persyaratan Mental

    CS harus memiliki perilaku yang baik seperti sabar, ramah dan murah senyum. Petugas CS hendaknya tidak mudah marah atau emosi dan cepat putus asa. CS juga harus memiliki rasa percaya diri (self confidence) yang tinggi, tidak minder, mempunyai inisiatif, teliti, cermat, rajin, jujur, serius, hati-hati dan memiliki rasa tanggung jawab.

4. Persyaratan Sosial

    Hal lain yang perlu diperhatikan adalah CS harus memiliki jiwa sosial yang tinggi dan bijaksana. Di samping itu, seorang CS memiliki budi pekerti yang luhur, pandai bergaul, pandai berbicara, fleksibel, cepat menyesuaikan diri dan mudah bekerja sama dengan berbagai pihak.
Next Post Previous Post