12 Pertimbangan Penentuan Lokasi

Pertimbangan Penentuan Lokasi, Secara Umum Pertimbangan Untuk Menentukan Lokasi, Teknik Menentukan Lokasi Dan Layout, Kewirausahaan

Pertimbangan Penentuan Lokasi Dapat Bervariasi Tergantung Pada Sasaran Dan Tujuan Yang Ingin Dicapai

    Pertimbangan penentuan lokasi adalah suatu proses mempertimbangkan berbagai faktor-faktor yang relevan untuk menentukan lokasi yang paling tepat untuk bisnis yang dijalani atau kegiatan usaha. Pertimbangan ini melibatkan analisis yang baik dari berbagai faktor seperti dekat dengan bahan baku, ketersediaan tenaga kerja, berada di kawasan industri dan lain-lain. Tujuan dari pertimbangan penentuan lokasi adalah untuk memilih lokasi yang memungkinkan suatu usaha atau suatu bisnis untuk berkembang dan mencapai tujuannya dengan cara yang lebih efisien dan efektif.
    Penentuan lokasi dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan analisis yang baik. Kesalahan dalam menentukan lokasi akan berakibat fatal bagi bisnis atau usaha. Kerugian yang diderita perusahaan sangatlah besar. Oleh karena itu, prioritas untuk menentukan lokasi sebelum ditetapkan perlu dianalisis secara baik.
    Prioritas utama untuk menganalisis masalah lokasi adalah menentukan tujuan lokasi untuk jenis apa, apakah untuk kantor pusat, kantor cabang, lokasi pabrik atau lokasi gudang. Masing-masing lokasi memiliki pertimbangan sendiri, misalnya apakah lokasi harus dekat dengan sumber daya atau harus dekat dengan konsumen dan pelanggan. Lokasi yang sulit dijangkau konsumen akan sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup usaha suatu perusahaan. Demikian pula lokasi yang terlalu jauh dari bahan bahan baku akan menambah beban biaya, baik biaya transportasi maupun biaya lainnya yang akan timbul. Oleh karena itu, penentuan lokasi harus tepat sasaran dengan berbagai pertimbangan.
    Berikut ini beberapa pertimbangan untuk menentukan lokasi adalah sebagai berikut:

1. Jenis usaha yang dijalankan


2. Dekat dengan bahan baku (sumber daya)


3. Berada di kawasan industri


4. Dekat dengan konsumen atau pasar yang dituju


5. Sarana dan prasarana (transportasi, listrik dan air)


6. Dekat dengan pusat pemerintahan


7. Ketersediaan tenaga kerja


8. Dekat dengan lembaga keuangan


9. Kemudahan untuk melakukan ekspansi bisnis atau perluasan perusahaan


10. Hukum yang berlaku di wilayah setempat


11. Kondisi adat istiadat, budaya dan sikap masyarakt setempat


12. Pertimbangan lainnya

    Dalam mempertimbangkan penentuan lokasi harus memprioritaskan tujuan bisnis dan memilih lokasi yang sesuai untuk mencapai tujuan perusahaan

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan.

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui pertimbangan untuk penentuan lokasi perusahaan dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.
Next Post Previous Post