4 Fungsi Yang Terdapat Dalam Manajemen

Fungsi-Fungsi Yang Terdapat Dalam Manajemen

Manajemen Sebagai Alat Untuk Mencapai Tujuan Melalui Orang Lain

    Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya seperti keuangan, manusia, teknologi dan lain-lain. Proses untuk mencapai tujuan ini kemudian dituangkan menjadi fungsi manajemen. Berikut ini beberapa fungsi-fungsi yang terdapat dalam manajemen adalah sebagai berikut:

1. Perencanaan (planning)

    Perencanaan adalah proses menentukan arah yang akan dituju atau ditempuh dan kegiatan-kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam proses ini ditentukan tentang kegiatan apa yang harus dilakukan, kapan dimulai atau dikerjakan, bagaimana melakukannya, dengan cara apa hal tersebut dilaksanakan dan siapa yang akan melakukan pekerjaan tersebut. Proses tersebut pada akhirnya akan menghasilkan suatu rencana.

2. Mengatur (organizing)

    Pengorganisasian atau mengatur adalah proses mengelompokan berbagai kegiatan atau pekerjaan dalam unit-unit tertentu. Tujuannya adalah supaya tertata dengan jelas antara tugas, wewenang dan tanggung jawab serta hubungan kerja dengan sebaik mungkin dalam bidangnya masing-masing. Hasil dari pengorganisasian ini adalah terbentuknya struktur organisasi sesuai dengan rencana yang telah disusun.

3. Menggerakan (actuating)

    Pelaksanaan atau menggerakkan adalah proses untuk menjalankan kegiatan atau pekerjaan dalam organisasi. Dalam menjalankan organisasi para pemimpin atau manajer harus menggerakkan bawahannya (para karyawan) untuk mengerjakan pekerjaan yang telah ditentukan dengan cara memimpin, memberi perintah, memberi petunjuk dan memberi motivasi. Pelaksanaan pekerjaan dilakukan dengan berpedoman pada rencana yang telah disusun sebelumnya.

4. Mengontrol (controlling)

    Pengawasan atau mengontrol adalah proses untuk mengukur dan menilai pelaksanaan tugas apakah telah sesuai dengan rencana. Jika dalam proses tersebut terjadi penyimpangan, maka akan segera dikendalikan sesuai dengan rencana yang disusun. Dengan adanya pengendalian diharapkan tujuan dapat dicapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan.
Next Post Previous Post