Didukung Oleh Tokoangga. Lihat Lebih Lanjut

5 Kelebihan Dan Kekurangan Suatu Modal

Baik modal sendiri ataupun modal pinjaman asing, pinjaman dari bank dan nonbank. Masing-masing modal tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan
Kelebihan Suatu Modal, Kekurangan Suatu Modal

Kelebihan Dan Kekurangan Yang Kamu Dapatkan Dalam Menggunakan Modal Sendiri Atau Modal Pinjaman Untuk Usaha, Bisnis Dan Proyek

Baik modal sendiri ataupun modal pinjaman asing, pinjaman dari bank dan nonbank. Masing-masing modal tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:

1. Kelebihan Modal Sendiri
  • Tidak adanya biaya seperti biaya bunga, biaya administrasi dan biaya-biaya lainnya sehingga tidak menjadi beban perusahaan.
  • Tidak bergantung kepada pihak ketiga atau pihak lainnya. Artinya perolehan dana diperoleh dari setoran pemilik pemilik bisnis.
  • Tanpa memerlukan persyaratan-persyaratan yang rumit dan memakan waktu yang cukup lama
  • Tidak adanya keharusan dalam pengembalian modal kepada perusahaan nonbank, bank dan lembaga keuangan bukan bank seperti pegadaian, artinya modal yang ditanamkan pemilik usaha akan tertanam lama dan tidak ada masalah jika seandaianya pemilik modal mau mengalihkan ke pihak lain.

2. Kekurangan Modal Sendiri
  • Jumlah modal yang diperoleh terbatas, artinya untuk dapat memperoleh modal dalam jumlah tertentu sangat tergantung dari pemilik dan jumlahnya juga relatif terbatas.
  • Perolehan modal sendiri dalam jumlah tertentu dari calon pemilik baru (calon pemegang saham baru) relatif lebih sulit karena mereka akan mempertimbangkan kinerja perusahaan dan prospek usahanya.
  • Kurang termotivasi dalam usaha, artinya pemilik usaha yang menggunakan modal sendiri cenderung lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan modal pinjaman asing.

3. Kelebihan Modal Pinjaman Asing
  • Jumlah modal yang diperoleh tidak terbatas, artinya perusahaan dapat mengajukan pinjaman ke berbagai sumber. Selama pendanaan yang diajukan perusahaan layak, persyaratan dalam perolehan modal tidak terlalu sulit. Banyak pihak berusaha menawarkan dananya ke perusahaan yang dinilai memiliki prospek yang cerah.
  • Motivasi dalam usaha tinggi. Hal ini berbanding terbalik dengan modal sendiri. Jika menggunakan modal asing, motivasi pemilik untuk memajukan usahanya tinggi. Ini disebabkan karena adanya beban bagi perusahaan untuk mengembalikan pinjaman berserta bunganya, selain itu, perusahaan juga berusaha menjaga image (citra baik) dan kepercayaan perusahaan yang memberi pinjaman agar tidak tercemar.

4. Kekurangan Modal Pinjaman Asing
  • Dikenakan berbagai biaya-biaya seperti bunga dan biaya administrasi. Pinjaman yang diperoleh dari lembaga keuangan bukan bank sudah pasti disertai berbagai kewajiban untuk membayar jasa seperti bunga, biaya administrasi, biaya provisi, biaya komisi, biaya meterai dan biaya asuransi.
  • Pinjaman harus dikembalikan. Modal pinjaman asing wajib dikembalikan dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati sebelumnya. Hal ini berimbas bagi perusahaan yang sedang mengalami likuiditas merupakan beban yang harus ditanggung.
  • Beban moral. Perusahaan yang mengalami kegagalan atau masalah yang mengakibatkan kerugian akan berdampak terhadap pinjaman sehingga akan menjadi beban moral atas utang yang belum terbayarkan atau akan dibayar.

5. Kelebihan Modal Campuran
  • Dapat mengatur komposisi modal yang diperlukan secara seimbang sehingga persentase modal pinjaman disesuaikan dengan kebutuhan atas kekurangan modal sendiri.

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan suatu modal dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.