5 Variabel Segmentasi Pasar Industri

Variabel Segmentasi Pasar Industri, Variabel Utama Untuk Melakukan Segmentasi Pasar Industri, Segmentasi Berdasarkan Demografik, Karakteristik Pengoperasian, Karakteristik Personal Industri, Pendekatan Pembeli, Faktor Situasional, Pasar Dan Pemasaran, Kewirausahaan

Dalam Melakukan Segmentasi Pasar Industri. Penggunaan Kombinasi Variabel Juga Dapat Membantu Pembuatan Segmen Pasar Yang Lebih Spesifik Dan Efektif

    Segmentasi pasar industri melibatkan pembagian pasar yang lebih besar dari pada segmentasi pasar konsumen karena terdiri dari perusahaan, organisasi, institusi yang membeli produk, barang, jasa atau layanan dari suatu perusahaan. Dalam melakukan segmentasi pasar industri, variabel utama yang digunakan untuk membagi pasar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil dan terdefinisi dengan jelas. Variabel utama untuk melakukan segmentasi pasar industri berperan penting dalam memahami kebutuhan, preferensi pelanggan potensial dalam pasar industri yang lebih besar dan kompleks.
    Tujuan dari segmentasi pasar industri adalah untuk memahami kebutuhan, keinginan dan preferensi konsumen secara lebih mendalam dan membuat strategi pemasaran yang lebih efektif untuk setiap segmen pasar yang telah ditentukan. Dalam konteks industri, segmentasi pasar industri dilakukan untuk memahami kebutuhan dan preferensi dari pelanggan (B2B) atau organisasi, bukan pelanggan individu seperti dalam segmentasi pasar konsumen. 
    Segmentasi pasar industri sangat penting untuk perusahaan karena memungkinkan mereka memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan secara lebih mendalam dan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk setiap segmen pasar yang telah ditentukan. Dengan memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan dalam setiap segmen pasar, perusahaan dapat mengembangkan produk, jasa, barang dan layanan yang lebih sesuai, penentuan harga yang lebih akurat, memilih saluran distribusi yang lebih efektif dan efisien serta pemasaran yang lebih tepat sasaran untuk setiap segmen pasar.
    Menurut philip kotler (2012), variabel utama melakukan segmentasi pasar industri adalah sebagai berikut:

1. Segmentasi pasar industri berdasarkan demografik terdiri dari:

  • Jenis industri.
  • Besar perusahaan.
  • Lokasi perusahaan.
    Variabel segmentasi pasar industri mencakup demografik seperti jenis industri, besar perusahaan dan lokasi perusahaan. Perusahaan yang lebih besar mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda dengan perusahaan yang lebih kecil dalam hal volume pembelian, pengiriman, dukungan teknis.

2. Segmentasi pasar industri berdasarkan karakteristik pengoperasian terdiri dari:

  • Teknologi yang difokuskan.
  • Status pengguna (pengguna berat, pengguna sedang, pengguna ringan).
  • Kemampuan pelanggan.
    Variabel segmentasi pasar industri mencakup karakteristik pengoperasian seperti teknologi yang difokuskan, status pengguna. kemampuan pelanggan. Perusahaan yang membeli produk atau layanan tertentu mungkin memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda dalam hal teknologi, proses pemasangan produk dan lain-lain.

3. Segmentasi pasar industri berdasarkan karakteristik personal industri terdiri dari:

  • Kesamaan pembeli.
  • Sikap terhadap resiko.
  • Kesetiaan.
    Variabel segmentasi pasar industri mencakup pendekatan pelanggan seperti kesamaan pembeli, sikap terhadap resiko, kesetiaan. Para pengambil keputusan di perusahaan yang membeli produk atau barang tertentu lebih mengantisipasi resiko kerugian yang bisa terjadi dan cenderung memiliki kesamaan dengan perusahaan lainnya yaitu mengasuransikan produk yang dibeli dan lain-lain.

4. Segmentasi pasar industri berdasarkan pendekatan pelanggan terdiri dari:

  • Organisasi berfungsi pembeli.
  • Sifat hubungan yang ada.
  • Struktur kekuatan.
  • Kebijakan pembelian umum.
  • Kriteria.
    Variabel segmentasi pasar industri mencakup pendekatan pelanggan seperti organisasi berfungsi pembeli, sifat hubungan yang ada, struktur kekuatan, kebijakan pembelian umum, kriteria. Perusahaan atau organisasi mungkin memiliki kebutuhan, persyaratan dan kriteria yang berbeda dalam hal produk, barang, jasa atau layanan yang dibutuhkan, standar kualitas, proses pembelian dan lain-lain.

5. Segmentasi pasar industri berdasarkan faktor situasional terdiri dari:

  • Urgensi.
  • Pengguna khusus.
  • Besarnya pesanan.
    Variabel segmentasi pasar industri mencakup faktor situasinal seperti urgensi, pengguna khusus, besarnya pesanan. Perusahaan yang berada di daerah yang sama mungkin memiliki kebutuhan yang sama dalam hal logistik, pengiriman, pemenuhan pesanan dan lain-lain.
    
Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan.

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui variabel utama untuk melakukan segmentasi pasar industri dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.
Next Post Previous Post