5 Cara Penentuan Posisi Pasar

Penentuan Lokasi Pasar, Penentuan Posisi Pasar Yang Dapat Dilakukan, Menentukan Posisi Pasar, Posisi Pasar, Posisi Produk, Pasar Dan Pemasaran, Kewirausahaan

Dengan Menentukan Posisi Pasar Yang Tepat, Perusahaan Dapat Membedakan Diri Dari Pesaing Dalam Memenuhi Kebutuhan Pelanggan, Membangun Kepercayaan Pelanggan Dan Menciptakan Keunggulan Kompetitif

    Menentukan pasar sasaran adalah strategi yang digunakan perusahaan dalam menciptakan produk, barang, jasa atau layanan dan menetapkan segmen yang membedakannya produk, layanan, jasa atau barang mereka di pasar yang kompetitif. Tujuan menentukan pasar sasaran adalah untuk membedakan perusahaan dari pesaing, membangun citra merek yang kuat dan memberikan nilai tambah yang jelas dalam pikiran pelanggan.
    Dalam menentukan posisi pasar, perusahaan perlu melakukan analisis menyeluruh tentang pasar, pesaing, konsumen atau pelanggan mereka yaitu dengan mencari pemahaman mendalam tentang kebutuhan, preferensi, perilaku pelanggan, kekuatan dan kelemahan pesaing di pasar. Dengan pemahaman ini, perusahaan kemudian mengidentifikasi dan mengembangkan produk yang membedakan dari pesaing dan memenuhi kebutuhan dan keinginan dari pelanggan.
    Posisi pasar diupayakan di lokasi yang kompetitif untuk produk atau suatu pasar. Kegiatan ini dilakukan setelah menentukan segmen mana yang akan dimasuki, untuk itu tentukan pula posisi mana yang ingin ditempati dalam segmen tersebut. 
    Posisi produk adalah bagaimana suatu produk yang didefinisikan oleh konsumen atas dasar atribut-atributnya dan penilaian pelanggan terhadap karakeristik, manfaat dan nilai suatu produk dalam konteks pasar yang kompetitif. Posisi produk penting karena dapat mempengaruhi persepsi pelanggan, preferensi pembelian dan keberhasilan pemasaran produk. Sebagai contoh:
  • Sabun lifebuoy diposisikan sebagai sabun mandi
  • Sabun Ekonomi diposisikan sebagai sabun cuci pakaian dan cuci piring
  • Sabun lux diposisikan sebagai sabun kecantikan
    Penentuan posisi pasar tidak dapat dilakukan secara sembarangan, tetapi perlu pertimbangan yang matang. Kesalahan dalam menentukan posisi pasar akan berakibat fatal bagi produk. Penentuan posisi pasar ini juga bertujuan untuk mengarahkan konsumen seperti yang diharapkan.
    Berikut ini beberapa penentuan posisi pasar yang dapat dilakukan antara lain:
1. Atribut (yaitu harga murah atau harga mahal)
2. Kesempatan penggunaan (berfungsi sebagai minuman energi atau minuman penurun panas)
3. Kelas pengguna (sampo khusus bagi orang dewasa atau untuk anak-anak)
4. Kelas produk (sabun kecantikan atau sabun kesehatan)
5. Langsung menghadapi pesaing (memosisikan kami yang nomor satu atau yang terbaik)

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan.

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui penentuan posisi pasar yang dapat dilakukan dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.
Next Post Previous Post