5 Tujuan Penentuan Harga Oleh Perusahaan

Strategi Harga, 5 Strategi Dalam Menetapkan Harga Jual, Tujuan Penentuan Harga Oleh Suatu Perusahaan, Tujuan Penentuan Harga, Kewirausahaan

Strategi Dalam Menetapkan Harga Jual Oleh Suatu Perusahaan

    Setelah suatu produk berhasil diproduksi dalam jumlah yang ditentukan dengan segala atributnya oleh suatu perusahaan langkah selanjutnya adalah menentukan harga jual produk. Pengertian harga merupakan sejumlah nilai (dalam mata uang) yang harus dibayar konsumen untuk membeli dan menikmati barang atau jasa yang ditawarkan. Penentuan harga merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan bauran pemasaran (marketing mix). Penentuan harga menjadi sangat penting untuk diperhatikan mengingat harga merupakan salah satu penyebab laku tidaknya suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Salah dalam menentukan harga jual akan berakibat fatal terhadap produk yang ditawarkan dan berakibat lakunya produk tersebut di pasar.
    Penentuan harga yang akan ditetapkan harus disesuaikan dengan tujuan perusahaan. Adapun beberapa tujuan penentuan harga oleh suatu perusahaan secara umum adalah sebagai berikut:

1. Untuk Memperbesar Pangsa Pasar (Market Share)

    Untuk memperbesar market share atau pangsa pasar maksudnya adalah untuk memperbesar atau memperluas jumlah pelanggan. Penentuan harga jual yang murah diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan pelanggan pesaing beralih ke produk yang ditawarkan perusahaan.

2. Untuk Memaksimalkan Laba

    Penentuan harga oleh suatu perusahaan bertujuan agar penjualan meningkat sehingga laba yang diperoleh atau dihasilkan menjadi maksimal. Penentuan harga biasanya dapat dilakukan dengan harga murah sampai harga tinggi.

3. Untuk Bertahan Hidup

    Jika tujuan dari perusahaan dalam menentukan harga adalah untuk bertahan hidup, penentuan harga dilakukan semurah mungkin. Tujuannya adalah agar produk, barang atau jasa yang ditawarkan laku dipasaran dengan harga murah tetapi masih dalam kondisi yang menguntungkan bagi perusahaan.

4. Karena Mutu Produk

    Tujuan penentuan harga dengan mempertimbangkan mutu produk adalah untuk memberikan kesan bahwa barang, produk dan jasa yang ditawarkan memiliki kualitas tinggi atau lebih tinggi dari kualitas produk pesaing. Biasanya harga yang ditentukan setinggi mungkin karena masih ada anggapan bahwa produk yang berkualitas adalah produk yang harganya lebih tinggi dibandingkan harga pesaing.

5. Karena Pesaing

    Sebelum penentuan harga produk alangkah baiknya melihat harga produk pesaing hal ini bertujuan agar harga yang ditawarkan lebih kompetitif dibandingkan harga yang ditawarkan pesaing. Artinya dapat melebihi harga pesaing (lebih mahal) untuk produk tertentu atau sebaliknya dapat lebih rendah (lebih murah).
Next Post Previous Post