3 Perencanaan Tenaga Kerja Perusahaan

Perencanaan Tenaga Kerja Perusahaan, Perencanaan Tenaga Kerja Diperlukan Perusahaan Karena Beberapa Pertimbangan, Perencanaan Tenaga Kerja Perlu Diterapkan Di Perusahaan, Kewirausahaan, Mengelola Sumber Daya Manusia

Perencanaan Sumber Daya Manusia (Tenaga Kerja) Diperlukan Perusahaan Untuk Keberlangsungan Bisnis

    Perencanaan sumber daya manusia adalah kegiatan merencanakan jumlah tenaga kerja (karyawan) yang dibutuhkan sesuai dengan analisis jabatan yang sudah dibuat sebelumnya. Perencanaan tenaga kerja meliputi jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dan persyaratan-persyaratan yang diinginkan perusahaan. Hal ini penting agar perusahaan tidak mengalami kekurangan atau kelebihan karyawan yang dapat merugikan perusahaan.
    Perencanaan sumber daya manusia merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara sistematis untuk meramalkan atau memperkirakan kebutuhan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Perkiraan tentang kebutuhan tenaga kerja yang diperlukan perusahaan didasarkan pada berbagai pertimbangan, antara lain rencana produksi atau jasa yang dihasilkan sesuai dengan jenis atau bidang investasi yang dijalankan.
    Perencanaan tenaga kerja adalah proses perencanaan sistematis untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki jumlah tenaga kerja yang sesuai dengan jabatan yang diduduki untuk mencapai tujuan. Dalam hal ini melibatkan identifikasi kebutuhan tenaga kerja yang sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan perusahaan, membuat rencana memelihara dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan.
    Setelah melakukan perkiraan terhadap jumlah jasa, jumlah barang atau jumlah produk yang akan dihasilkan, selanjutnya perkiraan ini diubah ke dalam jumlah orang yang dibutuhkan untuk mengerjakan dan melaksanakan aktivitas bisnis. Untuk level manajerial biasanya jumlah pegawai didasarkan pada jumlah jabatan yang tersedia dalam struktur organisasi perusahaan.
    Berikut ini beberapa perencanaan tenaga kerja diperlukan perusahaan karena beberapa pertimbangan sebagai berikut:

1. Analisis kebutuhan tenaga kerja

    Untuk memenuhi jumlah kebutuhan karyawan baru dan tugas yang tersedia karena ada pembukaan cabang baru atau pendirian usaha baru.

2. Rencana rekrutmen dan seleksi

    Untuk menentukan karyawan (tenaga kerja) yang akan digunakan untuk direkrut dengan memilih kandidat terbaik untuk posisi yang dibutuhkan apabila ada karyawan yang keluar karena pensiun, keluar sendiri (pengunduran diri) dan meninggal dunia.

3. Evaluasi dan pemantauan

    Melakukan evaluasi dan pemantauan terhadap hasil dari perencanaan tenaga kerja dan melakukan perubahan yang diperlukan untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki sumber daya manusia yang sesuai dengan yang diinginkan perusahaan.

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan.

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui perencanaan tenaga kerja diperlukan perusahaan karena beberapa pertimbangan dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.
Next Post Previous Post