6 Konsep Dasar Kegiatan Pemasaran

Konsep Pemasaran, Kegiatan Pemasaran

Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Penjualan

Di zaman yang semakin maju kita di tuntut untuk dapat memahami keinginan konsumen dan berinovasi untuk dapat mengimbangi kebutuhan dari konsumen ataupun pelanggan kita. Karena perusahaan yang terkuat adalah perusahaan yang bisa menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan perubahan zaman

Ada beberapa definisi mengenai pemasaran antara lain adalah sebagai berikut:

a. Philip Kotler (marketing) Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai sesuatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi, dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

d. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

9 Konsep-konsep inti dasar pemasaran meliputi:

1. Kebutuhan
2. Keinginan 
3. Permintaan
4. Produksi
5. Utilitas
6. Nilai kepuasan
7. Pertukaran
8. Transaksi dan hubungan pasar
9. Pemasaran serta pasar

Terlebih dahulu kita bedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan dari konsumen dan pelanggan sebagai berikut:

  • Kebutuhan adalah suatu keadaan yang butuhkan manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya dalam segala aktivitas dan kehidupan sehari-hari.

  • Keinginan adalah kehendak yang dirasakan manusia yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.

  • Permintaan adalah keinginan akan suatu produk yang didukung kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.

Sebelumnya kita sudah bahas mengenai definisi pemasaran, tanpa adanya pemasaran tentu semuanya tidak akan berjalan sebagaimana mestinya dan perusahaan akan mengalami kebangkrutan apabila tidak melakukan pemasaran, selanjutnya kita akan membahas manajemen pemasaran yang menjadi peran vital karena sebagai ujung tombak maju atau mundurnya suatu perusahaan

Manajemen Pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), penggerakan (Actuating) dan Pengawasan

Jadi dapat kita artikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian program yang dirancang untuk dapat menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dari pembeli dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Dalam konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari menentukan kebutuhan konsumen dan keinginan pasar serta memberikan kepuasan yang diharapkan dapat secara lebih efektif dan efisien di bandingkan para pesaing

6 Konsep pemasaran dapat di ungkapkan dengan berbagai cara antara lain sebagai berikut:

1. Temukan keinginan pasar dan penuhilah
2. Buatlah apa yang dapat di jual dan jangan berusaha menjual apa yang dapat di buat
3. Cintailah pelanggan, bukan produk kamu
4. Lakukan menurut cara kamu (Burger king)
5. Andalah yang menentukan segalanya (United Airlines)
6. Melakukan segala dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat dengan nilai, mutu dan kepuasan (JC. Penney).

Dalam pemasaran terdapat 6 konsep dasar kegiatan pemasaran yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu perusahaan atau organisasi yaitu sebagai antara lain:

1. Konsep produksi
Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen menyukai produk yang tersedia dimana-mana dengan harga yang murah dan berkualitas. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efisiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas bagian produksi dan bagian pemasaran adalah memproduksi barang sebanyak-banyaknya, dan tugas bagian pemasaran melakukan distribusi massal dan promosi massal karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.

2. Konsep produk
Konsep produk mengatakan bahwa konsumen menyukai produk menawarkan mutu, kualitas, kuantitas. Tugas bagian produksi disini adalah membuat produk yang berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi.

3. Konsep penjualan
Konsep penjualan berpendapat bahwa jangan menunggu konsumen datang ke toko atau departemen store. Kita sebagai pemilik toko, organisasi atau perusahaan harus jemput bola dalam melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

4. Konsep pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan, keinginan pasar dan riset yang berkelanjutan.

5. Konsep pemasaran sosial
Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi atau perusahaan adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dari konsumen dengan cara yang lebih efektif dan efisien dari pada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

6. Konsep pemasaran global
Konsep pemasaran global bertuju pada manajer eksekutif yang berupaya memahami semua faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis. Tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui konsep-konsep dasar kegiatan pemasaran yang memudahkan kamu untuk melakukan pemasaran yang efektif agar dapat menaikan penjualan, karena menurut kami walaupun harga produk murah dan berkualitas tapi pelayanan buruk itu percuma saja. Suatu perusahaan tidak akan dapat mencapai tujuannya semua harus saling berkesinambungan dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.
Next Post Previous Post