4 Macam Tujuan Penggunaan Iklan

Macam-Macam Tujuan Penggunaan Iklan, Jenis-Jenis Iklan, Tujuan Iklan, Tujuan Promosi, Tujuan Penggunaan Iklan

Pemilihan Media Iklan Harus Didasarkan Pada Profil Target Audiens, Tujuan Kampanye, Anggaran Yang Tersedia, Efektivitas Dan Efisiensi Penggunaan Iklan Dalam Mencapai Promosi Yang Diinginkan

    Iklan adalah alat komunikasi yang dibuat dengan tujuan mempromosikan suatu produk, barang, jasa, atau layanan kepada khalayak umum yang lebih luas. Iklan biasanya dilakukan melalui berbagai media komunikasi seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, tabloit, koran, papan reklame, iklan online, media sosial dan lainnya.
    Tujuan penggunaan iklan adalah menarik perhatian, memengaruhi dan menginspirasi konsumen agar melakukan tindakan tertentu seperti membeli produk, menggunakan layanan atau memperoleh informasi-informasi lebih lanjut. Dalam iklan, pesan yang disampaikan biasanya mencakup informasi-infomasi produk, manfaat, keunggulan, testimonial, atau penawaran khusus.
    Iklan dibuat dengan strategi kreatif yang melibatkan penggunaan elemen-elemen visual, teks, suara, dan interaksi yang menarik minat dan perhatian konsumen. Pesan iklan biasanya dibuat dengan mempertimbangkan segmen pasar, karakteristik audiens, tujuan kampanye iklan, citra perusahaan dan identitas merek
    Tujuan umum dari iklan adalah untuk meningkatkan kesadaran produk, barang, jasa dan layanan perusahaan, meningkatkan penjualan, membangun citra merek yang positif, menjangkau target pasar yang relevan, meningkatkan kredibilitas perusahaan, membangun hubungan dengan pelanggan dan mendorong tindakan konsumen (pembelian produk)
    Penting untuk kamu catat bahwa iklan harus mematuhi aturan hukum yang berlaku di suatu negara dan etika yang berlaku dalam praktik periklanan. Hal ini termasuk ketepatan dan kebenaran informasi yang disampaikan, penghormatan terhadap hak-hak konsumen, penggunaan gambar dan klaim dengan mencantumkan sumber yang jelas serta kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku di bidang iklan
    Penggunaan dan pemilihan media iklan tergantung dari tujuan perusahaan. Masing-masing media memiliki tujuan dan segmen sendiri. Berikut ini beberapa macam tujuan penggunaan iklan sebagai media promosi, yaitu:

1. Untuk pemberitahuan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan produk, barang, jasa atau layanan yang dimiliki oleh suatu perusahaan, seperti peluncuran produk baru, keuntungan dan kelebihan suatu produk atau informasi penting lainnya.

2. Untuk mengingat kembali kepada konsumen atau pelanggan tentang keberadaan dan keunggulan produk yang ditawarkan.

3. Untuk mendapatkan perhatian dan minat dari para pelanggan baru dengan harapan akan memperoleh daya tarik dari para calon pelanggan yang pada akhirnya membeli produk tersebut.

4. Memengaruhi pelanggan saingan agar berpindah ke produk dari perusahaan yang mengiklankan.
Next Post Previous Post