6 Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran

Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran, Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Seperti Biaya Produksi, Akses Produksi, Harga Barang, Harga Barang Lain, Teknologi dan Tujuan perusahaan

Memahami Penawaran Sangat Penting Dalam Usaha Atau Bisnis Karena Membantu Dalam Merencanakan Produksi, Mengelola Biaya Produksi Dan Menentukan Harga Yang Tepat (harga yang kompetitif)

    Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang ditawarkan produsen pada berbagai tingkat harga pada suatu waktu tertentu. Penawaran mencerminkan hubungan antara harga suatu produk dengan jumlah yang siap diproduksi atau dijual oleh produsen. Artinya produsen atau penjual menawarkan barangnya kepada konsumen dengan tingkat harga tertentu.
    Penawaran dapat diukur dalam bentuk jumlah barang atau jasa yang ditawarkan pada suatu harga tertentu. Dalam analisis ekonomi, penawaran sering digambarkan dalam bentuk kurva penawaran yang menunjukan hubungan antara harga suatu barang tertentu dan jumlah barang tersebut yang ditawarkan pada setiap tingkat harga. Kurva penawaran cenderung naik, artinya ketika harga naik, jumlah yang ditawarkan juga cenderung naik dan begitupun sebaliknya
    Memahami penawaran juga penting dalam analisis ekonomi dan bisnis. Informasi tentang penawaran dapat membantu produsen dalam menentukan tingkat produksi yang optimal, mengelola biaya produksi, menentukan harga yang kompetitif dan memahami dinamika pasar. Informasi tentang penawaran juga penting bagi konsumen atau pelanggan untuk membuat keputusan pembelian yang bijaksana.
    Sama halnya dengan permintaan, Faktor yang mempengaruhi penawaran seperti biaya produksi, akses produksi, harga barang, harga barang lain, teknologi dan tujuan perusahaan sebagai berikut:

1. Harga Input Atau Ongkos Produksi (Biaya Produksi)

    Biaya produksi seperti biaya bahan baku produk, tenaga kerja, energi dan faktor-faktor produksi lainnya, memengaruhi penawaran. Jika biaya produksi meningkat, produsen mungkin akan menawarkan jumlah yang lebih sedikit pada setiap tingkat harga untuk tetap menjaga keuntungan mereka. Sebaliknya jika biaya produksi turun, produsen cenderung akan meningkatkan penawaran.

2. Faktor Khusus (Akses Produksi)

    Ketersediaan atau harga faktor-faktor produksi seperti bahan baku, tenaga kerja, modal dan lainnya juga dapat memengaruhi penawaran. Jika faktor-faktor khusus tersebut langka atau mahal, produsen mungkin akan mengurangi penawan mereka.

3. Harga Barang Itu Sendiri

    Harga barang memiliki pengaruh utama terhadap penawaran. Dalam ekonomi hal ini digunakan sebagai asumsi dasar bahwa faktor-faktor lainnya tetap konstan atau tetap. Ketika harga produk naik, produsen cenderung akan menawarkan lebih banyak produk untuk memperoleh keuntungan yang lebih tinggi. Sebaliknya jika harga produk turun, penawaran cenderung menurun karena produsen memiliki inisiatif yang lebih rendah untuk memproduksi atau menjual produk tersebut.

4. Harga Barang Lain Yang Memiliki Hubungan (Barang Pengganti Atau Barang Pelengkap)

  • Barang Pengganti (Substitute Good)
    Barang pengganti adalah barang atau jasa yang dapat saling menggantikan satu sama lain dalam pemenuhan kebutuhan atau keinginan dari konsumen. Dalam hal ini, jika harga salah satu barang naik, konsumen cenderung akan beralih ke barang pengganti untuk memenuhi kebutuhan yang sama atau serupa. Misalnya ketika harga BBM (Bahan Bakar Minyak) naik, konsumen mungkin akan beralih menggunakan kendaraan listrik sebagai pengganti kendaraan bermesin bensin atau bermesin diesel. Dalam hal ini bahan bakar minyak dan listrik adalah barang pengganti.
  • Barang Pelengkap (Complementary Good)
    Barang pelengkap adalah jasa atau barang yang digunakan bersamaan atau saling melengkapi satu sama lainnya. Dalam kasus ini, jika harga salah satu barang naik, hal itu dapat memengaruhi permintaan atau penawaran barang pelengkap tersebut. Misalnya jika mobil turun, permintaan atas bahan bakar minyak (BBM) juga cenderung meningkat karena keduanya digunakan bersama. Dalam hal ini, mobil dan bahan bakar minyak adalah bahan pelengkap.

5. Teknologi Yang Digunakan

    Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat dapat memengaruhi penawaran dengan meningkatkan efisiensi produksi. Jika teknologi baru diterapkan pada produk, produsen dapat meningkatkan produktivitas mereka dan menawarkan lebih banyak produk pada tingkat harga yang lebih rendah, sama atau lebih tinggi.

6. Tujuan Perusahaan

    Tujuan perusahaan untuk memengaruhi penawaran adalah dengan memanipulasi jumlah barang atau jasa yang mereka tawarkan kepada pasar dengan tujuan mencapai hasil tertentu. Penting bagi perusahaan untuk mempertimbangkan kepuasan konsumen, efisiensi operasional dan tujuan jangka panjang mereka dalam merencanakan strategi penawaran mereka.
Next Post Previous Post