10 Jenis Pelatihan Dan Pengembangan

Jenis Pelatihan, Jenis Pengembangan, Pelatihan Dan Pengembangan, Kewirausahaan, Mengelola Sumber Daya Manusia

Pelatihan Dan Pengembangan Adalah Aktivitas Yang Dirancang Untuk Meningkatkan Pengetahuan, Pengalaman, Keterampilan, Keahlian Dan Kemampuan Karyawan

    Bagi pelamar yang telah lulus seleksi yang dilakukan perusahaan, tetapi belum memiliki pengalaman kerja, sebelum karyawan ditempatkan perlu terlebih dahulu diberikan pelatihan. Tujuan dari pelatihan dan pengembangan adalah untuk membiasakan mereka (karyawan) bekerja dalam lingkungan perusahaan. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan dan pengembangan. Keahlian karyawan bertambah atau meningkat sehingga mereka siap untuk dipekerjakan.
    Materi pelatihan dan pengembangan yang diberikan kepada karyawan sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan perusahaan. Disamping itu, dipertimbangkan juga minat dan bakat karyawan sesuai dengan hasil seleksi terdahulu atau dari pengalaman sebelumnya. Jangka waktu pelatihan dan pengembangan pun ditentukan sesuai dengan kebutuhan pengalaman karyawan yang bersangkutan. Tempat untuk melakukan pelatihan dan pengembangan juga ikut dipertimbangkan, apakah didalam perusahaan atau diluar perusahaan.
    Langkah selanjutnya, pihak manajemen perlu melaksanakan fungsi pengembangan terhadap karyawan yang sudah bekeja lama sebelumnya melalui pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan pelatihan diberikan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan sehingga mampu memenuhi tuntuan organisasi dalam menghadapi persaingan dan perubahan. Pendidikan dan pelatihan dapat dilakukan di dalam perusahaan atau di luar perusahaan sesuai dengan pertimbangan kebutuhan dan kemampuan keuangan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa jenis pelatihan dan pengembangan yang umum dilakukan dalam organisasi antara lain:

1. Pelatihan Etika

    Pelatihan etika bertujuan untuk membantu karyawan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip etika dalam melakukan tugas-tugas yang diberikan. Seperti etika bisnis dan kesadaran terhadap diskriminasi dan pelecehan.

2. Pelatihan Keamanan

    Pelatihan keamanan bertujuan untuk meningkatkan keamanan di lingkungan perusahaan dan kepatuhan karyawan terhadap protokol keamanan dan prosedur keselamatan yang diterapkan organisasi.

3. Pelatihan Adaptasi

    Pelatihan adaptasi bertujuan untuk membantu karyawan dalam beradaptasi dengan perubahan organisasi, seperti implementasi teknologi baru, perubahan proses kerja dan restrukturisasi perusahaan.

4. Pelatihan Teknis

    Pelatihan teknis bertujuan sebagai pelatihan yang berfokus pada keterampilan teknis yang berkaitan dengan tugas karyawan, seperti penggunaan alat produksi atau software tertentu. Pelatihan teknis ini dapat dilakukan dalam bentuk pelatihan kelas offline (luring), pelatihan kelas online (daring) atau melalui on the job training (OJT).

5. Pelatihan Kepemimpinan (Leadership)

    Pelatihan kepemimpinan bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan dalam diri karyawan sebagai pemimpin. Seperti pengambilan keputusan, manajemen dan kemampuan mengelola tim.

6. Pelatihan Bahasa

    Pelatihan bahasa bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa karyawan yang nantinya dapat membantu mereka dalam berkomunikasi dengan kolega atau klien dari berbagai negara.

7. Pelatihan Keterampilan Sosial

    Pelatihan keterampilan sosial bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interpersonal dan soft skill karyawan. Seperti kemampuan kerja sama tim, komunikasi, presentasi dan manajemen konflik.

8. Pelatihan Keterampilan Umum

    Pelatihan keterampilan umum bertujuan untuk meningkatkan keterampilan umum yang dapat dipakai atau diperlukan dalam berbagai jenis pekerjaan. Seperti kemampuan komunikasi, penjualan dan presentasi.

9. Pelatihan Pengembangan Pribadi

    Pelatihan pengembangan karir bertujuan untuk membantu karyawan meningkatkan kemampuan individu mereka, seperti kreativitas, manajemen waktu dan pengembilan keputusan.

10. Pelatihan Pengembangan Karir

    Pelatihan pengembangan karir bertujuan untuk membantu karyawan dalam meningkatkan kemampuan mereka agar dapat memajukan karir mereka di perusahaan. Pelatihan ini dapat meliputi perencanaan karir, pencarian kerja dan wawancara kerja.

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan.

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui jenis-jenis pelatihan dan pengembangan dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.
Next Post Previous Post