Didukung Oleh Tokoangga. Lihat Lebih Lanjut

Pengertian Customer Service

Costumer service adalah setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan pelanggan melalui pelayanan yang dapat memenuhi keinginan pelanggan
Customer Service

Customer Service Sebagai Salah Satu Layanan Purna Jual Yang Diberikan Oleh Perusahaan Kepada Konsumen Atau Pelanggan Yang Memiliki Keluhan

    Dalam rangka meningkatkan kesetiaan konsumen dalam menggunakan produk, barang atau jasa dari perusahaan dan menjaga kepercayaan pelanggan, setiap pengusaha perlu menjaga citra positif produk, barang, jasa dan perusahaan di mata pelanggannya atau masyarakat pada umumnya. Citra ini dapat dibangun melalui mutu produk, kualitas produk, kualitas pelayanan dan jaminan keamanan. Tanpa adanya citra positif, kepercayaan yang sedang dibangun tidak akan efektif.
    Untuk meningkatkan citra perusahaan, wirausahawan perlu menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menangani keinginan dan kebutuhan konsumen atau pelanggannya. Karyawan yang diharapkan dapat melayani keinginan dan kebutuhan pelanggan ini kita sebut customer service (CS) untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan yang memiliki keluhan atau ada juga yang menyebutnya sebagai services assistance (SA).
    Costumer service secara umum adalah setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan pelanggan melalui pelayanan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan.
    Costumer service memegang peranan yang sangat penting sebagai ujung tombak perusahaan dalam menghadapi pelanggan. Dalam dunia bisnis tugas utama seorang costumer service adalah memberikan pelayanan dan membina hubungan baik dengan masyarakat. Customer service perusahaan dalam hal melayani para pelanggannya selalu berusaha menarik dengan cara merayu para calon pelanggan menjadi pelanggan yang bersangkutan dengan berbagai cara. Customer service juga harus dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan lama agar tetap menjadi pelanggan perusahaan. Oleh karena itu, tugas customer service merupakan tulang punggung kegiatan operasional dalam dunia bisnis.
    Siapa saja yang berhak menjadi customer service?, pada prinsipnya semua atau seluruh pegawai. Mulai dari cleaning service, satpam sampai pada direktur utama harus menjadi customer service. Namun secara khusus tugas CS ini diemban oleh orang yang memang dididik untuk memegang fungsi sebagai customer service (CS) suatu perusahaan.

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui pengertian customer service dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.