√ 5 Tujuan Dan Kegunaan Umum Penelitian - Nearest Business √ 5 Tujuan Dan Kegunaan Umum Penelitian - Blog Berbagi Mengenai Wirausaha Nearest Business - Page Not FoundBlog Berbagi Mengenai Wirausaha

5 Tujuan Dan Kegunaan Umum Penelitian

Tujuan Dan Kegunaan Penelitian

Tujuan Umum Penelitian Yang Bermanfaat Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Setiap penelitian baik itu penelitian evaluasi mempunyai tujuan dan kegunaan tertentu. Secara umum tujuan penelitian evaluasi untuk menggambarkan, membuktikan, mengembangkan, menemukan, menciptakan untuk penjelasnya lebih lengkapnya sebagai berikut:

1. Menggambarkan 
Menggambarkan berarti memotret atau mendeskripsikan pelaksanaan rencana program tertentu dari awal hingga akhir program.

2. Membuktikan
Membuktikan disini bukan berarti membuktikan teori atau hipotesis, tetapi membuktikan tujuan dari program, misalnya tujuan dari program tersebut adalah untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang luas untuk masyarakat di Negara Indonesia. Maka dari itu yang dibuktikan adalah seberapa jauh program tersebut dapat menciptakan lapangan kerja.

3. Mengembangkan
Mengembangkan berarti memperdalam, memperluas dan menyempurnakan model dan sistem evaluasi yang telah ada ager lebih efektif dan efisien.

4. Menemukan
Menemukan berarti mendapatkan potensi model atau sistem evaluasi yang hilang atau masih terpendam.

5. Menciptakan
Menciptakan berarti membuat model yang berbeda dari yang lain atau sistem evaluasi yang benar-benar baru yang sebelumnya belum pernah ada.

    Penelitian evaluasi yang bersifat menggambarkan misalnya, penelitian untuk mendeskripsikan kebijakan tertentu atau diklat tertentu. Penelitian evaluasi yang bersifat membuktikan, misalnya membuktikan ketercapaian tujuan suatu kebijakan. Sebagai contoh salah satu tujuan kebijakan otonomi daerah adalah pendekatan pelayanan kepada masyarakat, agar urusan lebih pendek, lebih cepat dan pelayanan memuaskan. Apakah tujuan tersebut terbukti atau tidak, maka diperlukan penelitian lebih lanjut
    Penelitian evaluasi yang bersifat mengembangkan misalnya, mengembangkan sistem evaluasi yang telah ada sebelumnya dari sistem manual menjadi sistem berbasis internet yang bersifat online. Penelitian evaluasi yang bersifat menemukan atau menciptakan sesuatu yang baru misalnya menciptakan instrumen evaluasi baru yang belum pernah ada yang dapat digunakan untuk mengukur produktivitas karyawan dalam bekerja
    Melalui penelitian manusia dapat menggunakan hasilnya. Secara umum data yang telah diperoleh dari penelitian dapat digunakan sebagai berikut:

  • Memahami masalah
Berarti penelitian evaluasi digunakan untuk memperjelas suatu masalah atau informasi yang tidak diketahui sehingga menjadi jelas sehingga dapat dipahami. Penelitian yang digunakan untuk memahami masalah misalnya mengapa hampir setiap kebijakan suatu negara, seperti kebijakan tinggal landas (menuju negara industri), industri strategis dan ekspor komoditas tidak berhasil mencapai tujuannya?

  • Memecahkan masalah
Berarti meminimalkan atau menghilangkan masalah yang mungkin timbul agar masalah tersebut dapat diselesaikan. Penelitian yang bersifat memecahkan masalah misalnya penelitian dalam hal ini menemukan model ujian nasional yang anti contekan

  • Mengantisipasi masalah
Berarti mengupayakan agar masalah tidak terjadi atau meminimalisir supaya tidak merembet ke masalah yang lain. Penelitian yang bersifat antisipasi masalah misalnya penelitian evaluasi terhadap persiapan sumber daya manusia dan sumber daya yang lain yang akan digunakan untuk mengimplementasikan suatu program atau kebijakan tertentu. 

  • Membuat kemajuan
Berarti penelitian dapat digunakan melakukan perbaikan terus menerus dari kondisi sekarang menjadi kondisi yang baru yang lebih baik. Penelitian yang digunakan untuk membuat kemajuan yaitu untuk mengevaluasi kondisi awal sebelum dan setelah kebijakan atau program diimplementasikan. Berdasarkan informasi tentang kondisi awal tersebut, maka dikembangkan suatu program yang nantinya dapat membawa kemajuan dari yang telah ada sebelumnya.

    Berdasarkan penjelasan diatas, selanjutnya dapat dikemukakan disini bahwa, metode penelitian evaluasi adalah merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid, reliabel dan obyektif dengan tujuan untuk mengetahui seberapa jauh perencanaan yang dapat dilaksanakan dan tujuan program dapat tercapai. 

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui 5 Tujuan Dan Kegunaan Umum Penelitian sehingga nantinya kamu juga dapat berkontribusi besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.