√ 8 Norma Dan Etika Dalam Benak Pengusaha - Nearest Business √ 8 Norma Dan Etika Dalam Benak Pengusaha - Blog Berbagi Mengenai Wirausaha Nearest Business - Page Not FoundBlog Berbagi Mengenai Wirausaha

8 Norma Dan Etika Dalam Benak Pengusaha

Norma Dalam Benak Wirausaha, Etika Dalam Benak Wirausaha

Norma Dan Etika Yang Selalu Ingin Dicapai Oleh Pengusaha

Norma dan Etika pengusaha sering kali menjadi pertimbangan bagi rekan bisnisnya serta kolega untuk bekerjasama membangun bisnis yang sedang dijalani dan memajukan bisnis dalam jangka panjang, Oleh sebab itu norma-norma dalam wirausaha perlu dimiliki oleh pengusaha agar terciptanya kerjasama yang baik dan harmonis antara kedua belah pihak untuk mencapai tujuan bersama, semua itu dapat tercapai dengan adanya norma dan etika yang harus ada dalam benak dan jiwa setiap pengusaha sebagai berikut:

1. Kejujuran
Seorang pengusaha harus selalu bersikap jujur baik itu dalam berbicara maupun tindakan. Jujur ini diperlukan agar berbagai pihak dapat percaya terhadap apa yang akan dilakukan. Tanpa kejujuran, usaha dan bisnis kamu tidak akan maju dan tidak akan dipercaya rekan kerja, mitra bisnis, konsumen ataupun pelanggan.

2. Bertanggung jawab
Pengusaha harus bertanggung jawab terhadap segala kegiatan yang dilakukan termasuk dalam bidang usahanya masing-masing. Kewajiban terhadap berbagai pihak harus segera diselesaikan. Tanggung jawab tersebut tidak hanya terbatas pada kewajiban, tetapi juga mengarah kepada seluruh karyawan, masyarakat dan pemerintah.

3. Menepati janji
Pengusaha dituntut untuk selalu menepati janji, misalnya dalam hal pembayaran barang, pengiriman barang atau penggantian barang. Sekali saja seorang pengusaha ingkar janji terhadap apa yang telah dijanjikannya, hilanglah kepercayaan pihak-pihak yang terlibat didalamnya. Pengusaha dalam hal ini harus konsisten terhadap apa yang telah diucapkannya, diperbuat dan disepakati sebelumnya.

4. Disiplin
Pengusaha dituntut untuk selalu disiplin dalam berbagai kegiatan bisnis yang dijalaninya yang berkaitan dengan bisnisnya masing-masing, misalnya kita mengambil contoh dalam hal waktu pembayaran atau pelaporan kegiatan usahanya harus sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

5. Taat hukum
Pengusaha harus selalu patuh dan menaati hukum-hukum yang berlaku di negara-negara manapun, baik itu berkaitan dengan masyarakat ataupun pemerintah. Pelanggaraan terhadap hukum dan peraturan yang telah di buat berakibat fatal di kemudian hari. Bahkan hal itu akan menjadi beban moral bagi pengusaha apabila tidak diselesaikan segera (secepat mungkin).

6. Suka Membantu 
Pengusaha secara moral harus sanggup membantu berbagai pihak yang memerlukan bantuan. Sikap ringan tangan ini dapat ditunjukan kepada masyarakat sekitar dalam berbagai cara salah satunya dengan donasi kepada anak yatim piatu. Pengusaha yang terkesan pelit akan dimusuhi oleh banyak orang.

7. Komitmen dan menghormati
Pengusaha diwajibkan berkomitmen dengan apa yang mereka jalankan dan menghargai komitmen dengan pihak-pihak lainnya. Pengusaha yang menjunjung tinggi komitmen terhadap apa yang telah diucapkan atau disepakati akan dihargai oleh berbagai pihak.

8. Mengejar prestasi
Pengusaha yang sukses harus selalu berusaha mengejar prestasi setinggi mungkin. Tujuannya agar perusahaan dapat terus bertahan dari waktu ke waktu dan dalam jangka waktu panjang. Prestasi yang berhasil dicapai perlu terus ditingkatkan. Disamping itu, pengusaha juga harus mempunyai mental baja dan tidak mudah putus asa terhadap berbagai kondisi dan situasi yang dihadapinya.

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu menanamkan norma serta etika di dalam diri kamu sebagai penunjang bisnis kamu kedepannya dengan rekan kerja dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.