√ 4 Langkah Menganalisis Persaingan - Nearest Business

4 Langkah Menganalisis Persaingan

Mengidentifikasi Pesaing, Menganalisis Pesaing, Analisis Pesaing, Analisis Pesaing Untuk Mengetahui Kondisi Pesaing Agar Memenangkan Persaingan

Analisis Pesaing Untuk Mengetahui Kondisi Pesaing Agar Memenangkan Persaingan

Dewasa ini banyak sekali orang-orang yang memutuskan untuk berwirausaha karena tergiur untung yang besar dalam waktu yang relatif cepat tanpa menghiraukan persaingan bisnis yang akan terjadi, sering kali pesaing dekat kita menjadi hambatan untuk mencapai keuntungan. Oleh karena itu, dengan kita menganalisis pesaing, kita dapat mengetahui berapa jumlah pesaing dekat kamu, jenis pesaing, posisi persaingan di pasar apakah posisi pesaing kita sebagai pemimpin pasar, penantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar serta kekuatan dan kelemahan persaing, perusahaan perlu membuat peta persaingan yang lengkap. Pembuatan peta pesaing yang digunakan untuk melakukan analisis pesaing yang memerlukan langkah-langkah yang tepat. Langkah-langkah ini perlu dilakukan agar analisis pesaing tepat sasaran dan tidak salah arah. Langkah-langkah yang pertama yang perlu dilakukan perusahaan adalah dengan mengidentifikasi seluruh pesaing yang ada entah itu pesaing dekat atau pesaing jauh. Langkah menganalisis persaingan perlu dilakukan agar kita mengetahui secara detail dan utuh kondisi pesaing kita saat ini. Dengan demikian, memudahkan kita untuk menetapkan langkah selanjutnya untuk memenangkan persaingan bisnis. Berikut ini langkah-langkah menganalisis pesaingan antara lain:

1. Jenis produk yang ditawarkan pesaing
Terkandang sebuah perusahaan tertentu memiliki produk yang beragam, memiliki produk andalan dan produk terlaris. Disamping itu tugas perusahaan adalah menganalisis secara tepat, lengkap dan benar apa saja produk yang dimiliki oleh pesaing-pesaingnya. Menganalisis siapa pesaing utama yang terdekat serta pesaing lainnya yang juga berpotensi mengancam perusahaan kamu sekarang dan di masa yang akan datang.

2. Melihat besarnya pasar yang dikuasai (market share) pesaing
Dengan menganalisis persaingan kita dapat melihat besarnya pasar yang dikuasai (market share) pesaing, langkah ini dilakukan melalui segmen pasar yang akan dimasuki. Dalam hal ini kita harus mengestimasi besarnya pasar apakah pemimpin pesaing menguasai pasar lebih dari 45%, apabila pesaing menguasai pasar lebih dari 45%. Kamu harus mencari ide bagaimana agar bisa bersaing setidaknya menjadi penantang dari pemimpin pasar tersebut, mencari peluang pasar (market potentialyang masih tersedia dan berpotensi untuk kamu kuasai sebagai tempat memasarkan produk dan terakhir kamu harus mengetahui market share masing-masing pesaing. Market share yang harus diketahui adalah untuk masa sekarang dan di masa depan, baik yang dikuasai pesaing maupun secara keseluruhan.

3. Analisis peluang dan ancaman persaing
Untuk mengestimasi besarnya market share, akan kelihatan peluang yang ada serta ancaman yang mungkin timbul sekarang dan di masa depan. Setiap peluang dan kesempatan harus segera terealisasikan diimplementasikan segera. Diusahakan untuk menciptakan peluang-peluang baru yang sebesar-besarnya. Kemungkinan ancaman persaingan bisnis yang timbul pun harus segera diantisipasi sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

4. Analisis keunggulan dan kelemahan pesaing.
Dalam mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan berarti memetakan atau mencari tahu keunggulan dan kelemahan yang dimiliki pesaing. Menganalisis keunggulan dan kelemahan pesaing dalam berbagai bidang. Misalnya dalam kelengkapan barang atau produk, mutu kemasan, kualitas produk, harga barang, strategi pemasaran, jangkauan pemasaran, distribusi barang serta promosi yang dijalankan.

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam menganalisis pesaing dekat ataupun pesaing jauh yang berpotensi menjadi ancaman di masa yang ada datang dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.