15 Jenis Bidang Usaha Bagi Pemula

15 Jenis Bidang Usaha

Bidang Usaha Yang Cocok Untuk Pemula Yang Dapat Menghasilkan Keuntungan Yang Banyak

Tidak afdol rasanya jika kita tidak membahas mengenai bidang usaha yang dapat digeluti untuk pemula sesuai dengan minat atau bakat, terutama untuk usaha kecil sampai menengah. Sebagian orang mungkin memandang sebelah mata orang-orang dengan usaha kecil sampai menengah dan usaha kecil dicap sebagai orang-orang dengan bisnis yang memiliki modal terbatas dan pengelolaan yang ala kadarnya saja, namun apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda seorang pengusaha yang sukses itu berawal dari usahanya yang kecil sampai menengah. Apakah kamu setuju dengan pendapat kami?

Kita perlu ketahui bahwa usaha kecil sampai menengah adalah suatu pintu menuju pengusaha besar yang sukses. Diibaratkan hidup ini seperti mie instan perlu adanya proses sama seperti halnya kesuksesan. Bahkan, untuk membuat mie instan aja kita harus merebus air terlebih dahulu bukan? 

Pastikan terlebih dahulu kamu tidak menjalankan bisnis pada bidang usaha yang kamu sendiri sama sekali tidak menguasainya, sedikitnya kamu harus mampu mengenal seluk-beluk bisnis dan usaha tersebut dan mampu mengelolanya. Bidang usaha yang dapat digeluti untuk pemula sesuai dengan minat dan bakat yang dapat menghasilkan untung yang besar, terutama usaha kecil dan menengah antara lain sebagai berikut:

1. Bidang usaha sektor kecantikan
Bidang usaha disektor kecantikan contohnya membuka usaha salon, massage, spa atau kecantikan lainnya. Sebelum membuka usaha ini, alangkah baiknya calon pengusaha terlebih dahulu memahami seluk-beluk kecantikan, misalnya dengan mengikuti kelas kursus kecantikan. Dengan demikian, pengusaha tersebut lebih mudah mengelola usahanya dan tidak tergantung karyawannya jika terjadi suatu masalah.

2. Bidang usaha sektor keterampilan 
Bidang usaha dalam sektor keterampilan contohnya sektor jasa service dan perawatan suku cadang. Seperti service elektronik (radio, televisi, kulkas, mesin cuci, AC, handphone, laptop), atau servis mesin-mesin (motor, mobil, alat berat. Sama seperti halnya dengan sektor kecantikan, calon pengusaha di sektor keterampilan jasa service dan perawatan juga perlu mengikuti kursus keterampilan sesuai dengan bidang yang dimilikinya masing-masing.

3. Bidang usaha sektor konsultan
Bidang usaha disektor konsultan contohnya menjadi penasehat untuk berbagai bidang usaha, seperti konsultan manajemen, konsultan hukum, konsultan psikiater, konsultan teknik dan konsultan pemasaran dan lain-lain. Pendirian konsultan jelas harus memiliki latar belakang bidang ilmu yang akan mendukung bidang usahanya. Sebagai contoh konsultan manajemen bagi mereka yang berlatar belakang pendidikan ekonomi, konsultan hukum bagi mereka yang berlatar belakang pendidikan hukum, dan konsultan teknik bagi mereka yang berlatar belakang pendidikan teknik dan konsultan pemasaran bagi mereka yang berlatar pendidikan pemasaran dan seterusnya.

4. Bidang usaha sektor industri 
Bidang usaha dalam sektor industri sangatlah luas dan beragam. Sektor ini menghasilkan produk dari bahan baku menjadi suatu produk olahan yang dapat dinikmati masyarakat. Untuk usaha kecil dan menengah misalnya membuka pabrik makanan seperti tahu, tempe, kerupuk, roti, sosis, usaha industri rumahan membuat batu bata, genteng, keramik, konveksi

5. Bidang usaha sektor tambang 
Bidang usaha dalam sektor tambang juga dapat dilakukan untuk usaha kecil menengah, seperti penambangan pasir, penambangan batu kali, kaolin, timah, emas, batu bara.

6. Bidang usaha sektor kelautan 
Bidang usaha yang dapat dilakukan pemula di sektor kelautan adalah usaha penangkapan ikan dengan menyediakan kapal-kapal penangkap ikan bagi para nelayan, baik itu skala kecil maupun menengah. Perlu kamu ingat jangan menggunakan pukat dan bom ikan karena dapat merusak ekosistem laut.

7. Bidang usaha sektor perikanan 
Bidang usaha untuk pemula berikutnya antara lain sektor perikanan yaitu dengan membuka usaha seperti ikan atau udang, baik itu air tawar dan air laut. Usaha perikanan di air tawar misalnya budidaya ikan lele, ikan emas, ikan gurami, bawal, patin, ikan gabus dan lain-lain. Sedangkan di air laut misalnya budidaya rumput laut, mutiara dan ikan sarden. Selain itu, juga dapat dibuka usaha pemancingan ikan dan budidaya ikan hias seperti ikan cupang.

8. Bidang usaha sektor agribisnis
Bidang usaha di sektor agribisnis dapat dilakukan dengan membuka pertanian jangka pendek, sedang dan jangka panjang. Untuk jangka pendek misalnya usaha penanaman sayur-mayur seperti bayam, bawang merah dan bawang putih, kacang polong, kangkung, lobak. Untuk jangka menengah misalnya menanam jeruk, pisang, nanas, cokelat, cabe dan untuk jangka panjang misalnya pananaman karet, cengkeh, lada dan kelapa sawit.

9. Bidang usaha sektor perdagangan 
Bidang usaha dapat dilakukan dalam sektor perdagangan dengan membuka kios atau toko seperti membuka usaha bakso, mie ayam, nasi goreng, nasi uduk, makanan laut (seafood), martabak, thai tea, restoran, rumah makan padang, rumah makan sederhana dan sektor perdagangan lainnya.

10. Bidang usaha sektor pendidikan 
Bidang usaha di sektor pendidikan yang dapat dilakukan adalah membuka lembaga-lembaga pelatihan seperti seminar, kursus-kursus, mendirikan sekolah taman anak-anak (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), atau perguruan tinggi (akademi, sekolah tinggi dan universitas).

11. Bidang usaha sektor percetakan
Bidang usaha percetakan dapat dilakukan dengan membuka usaha potokopi, sablon, percetakan buku, koran, majalah dan percetakan tabloid dan lain-lainnya.

12. Bidang usaha sektor seni
Bidang usaha dalam sektor seni bagi mereka yang memiliki bakat seni, usaha yang dapat dilakukan antara lain mengajarkan seni melukis, seni musik, seni tari,seni ukir atau mencari seorang penulis cerita.

13. Bidang usaha sektor kesehatan
Bidang usaha disektor kesehatan meskipun sebaiknya sektor ini dilakukan oleh mereka yang memiliki latar belakang pendidikan kesehatan, orang-orang umum juga bisa melakukannya, misalnya membuka klinik-klinik kesehatan, praktik dokter bersama, rumah sakit, apotik, toko obat dan lain sebagainya.

14. Bidang usaha sektor pariwisata
Bidang usaha disektor pariwisata yang dapat dijalankan untuk pemula antara lain membuka biro perjalanan, usaha wisata, pramuwisata, membuka tempat penginapan, motel atau hotel.

15. Bidang usaha sektor lainnya.

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu memilih bidang usaha yang ingin tekuni untuk mendapatkan keuntungan yang besar, Oleh karena itu kamu harus memilih bidang usaha yang sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki, jika kamu belum memiliki minat dan bakat dari 15 jenis bidang usaha di atas, kamu bisa menggali potensi yang ada di diri kamu dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.
Next Post Previous Post