√ 4 Dasar Segmentasi Pasar - Nearest Business

4 Dasar Segmentasi Pasar

Dasar-dasar segmentasi pasar

Apa itu Segmentasi Pasar Seberapa Pentingkah Dalam Kemajuan Suatu Bisnis

Jika di bilang pentingkah segmentasi pasar dalam kemajuan suatu bisnis?, menurut kami sangat berperan penting karena jika kamu sudah mengetahui segmentasi pasar yang kamu tuju niscaya kamu menjadi pemimpin di tempat kamu memasarkan produk. Keuntungan yang dapat kamu peroleh jika menjadi pemimpin pasar salah satunya omset dari bisnis yang kamu jalankan akan mengalami peningkatan yang signifikan. Tentu untuk menjadi pemimpin pasar tidaklah semudah membalikan telapak tangan, Untuk mencapainya kamu harus memiliki ide, perencanaan dan strategi yang matang.

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang memiliki latar berbeda-beda mulai dari segi kebutuhan, keinginan, permintaan, karakteristik, perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda-beda pula. Atau segmentasi pasar bisa diartikan sebagai proses pengidentifikasian, menganalisis para pembeli di pasar dan menganalisis perbedaan antara pembeli dengan pembeli yang lainnya.

Di dalam penetapan segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya antara lain:

Dasar-dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
  1. Variabel geografi, di antaranya: wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim
  2. Variabel demografi, di antaranya: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll
  3. Variabel psikologis, di antaranya: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
  4. Variabel perilaku pembeli, di antaranya: menfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.

Dasar-dasar segmentasi pada pasar industri
  1. Tahap 1: dengan menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi geografis dan banyaknya langganan
  2. Tahap 2: yaitu sikap terhadap penjual, ciri-ciri kepribadian, kualitas produk, konsumen dan pelanggan.

Ada beberapa segmentasi pasar yang efektif yaitu:
  • Dapat diukur
  • Dapat dicapai
  • Cukup besar atau menguntungkan
  • Dapat dibedakan
  • Dapat dilaksanakan

Karena pembeli mempunyai kebutuhan dan keinginan masing-masing yang unik. Maka dari itu kita sebagai pemilik bisnis menyiasati setiap pembeli yang berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat di bangun pada beberapa tingkat yang berbeda.

Pemasaran massal
  • Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama ke seluruh konsumen dan pelanggan

Pemasaran segmen
  • Pemasaran segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian. Maka kita harus melakukan riset lapangan kepada konsumen ataupun pelanggan kita

Pemasaran ceruk
  • Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub group di dalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group yang didefinisikan dengan lebih sempit.

Pemasaran mikro
  • Pemasaran mikro yaitu dengan praktek penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan kehendak konsumen, dapat di terima di masyarakat secara luas di berbagai lokasi. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui pentingnya segmentasi pasar untuk kemajuan bisnis yang sedang kamu jalankan dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.