√ 8 Kegiatan Menganalisis Pesaing - Nearest Business

8 Kegiatan Menganalisis Pesaing

Menganalisis Target Pesaing

Apa Itu Pesaing dan Berbahayakah Terhadap Kelangsungan Suatu Bisnis dan Usaha?

Untuk kamu yang sedang menjalankan usaha atau bisnis mungkin tidak asing dengan yang nama pesaing. Karena menurut kami pesaing turut berperan dalam kemunduran dan kebangkrutan suatu usaha dan bisnis yang kamu jalankan. Lantas apa itu pesaing yang sedang kita bicarakan?

Pesaing adalah suatu perorangan, sekelompok orang atau suatu perusahaan yang menghasilkan atau menjual barang atau jasa yang sama atau mirip dengan produk yang kita tawarkan. Pesaing dapat dikategorikan sebagai pesaing yang kuat dan pesaing yang lemah, pesaing dekat atau pesaing jauh yang memiliki produk yang sama atau memiliki produk yang mirip dengan produk yang kita jual. Semua jenis pesaing tersebut mampu menggerogoti produk yang kita tawarkan. Oleh karena itu, dalam dunia persaingan tugas utama dari sales dan marketing adalah menggaet pelanggan sebanyak mungkin, baik itu pelanggan yang baru ataupun pelanggan dari pesaing. Dan paling ekstrem adalah bagaimana cara mematikan pesaing baik dengan cara langsung ataupun perlahan-lahan.
    
Dalam menjalankan strategi yang kompetitif, seorang pengusaha diharapkan terus-menerus mengetahui dan memantau setiap gerak-gerik pesaingnya. Informasi mengenai kegiatan menganalisis pesaing harus didapatkan dan dianalisis agar mengetahui kelemahan dan kekurangan dari pesaing. Informasi ini dapat kita dapatkan dari intelijen pemasaran dan maupun dari sumber informasi lainnya. Tujuannya adalah agar mengetahui keunggulan dan kelemahan pesaing dengan mudah, untuk melakukan berbagai serangan terhadap kelemahan pesaing, serta untuk dapat mengantisipasi dan bertahan jika sewaktu-waktu terjadi serangan balik dari pesaing.

Hal-hal yang perlu diketahui dari pesaing dan terus menerus kita pantau adalah produk dari pesaing, mutu produk, kualitas produk, harga produk. Caranya dengan kita bandingkan kelebihan produk yang dimiliki pesaing dan kelemahan yang dimiliki dengan produk kita (compare). Setiap pengusaha juga harus mampu menangkap setiap kesempatan dan peluang di pasar yang tersedia yang berpotensi untuk dikuasai sebagai tempat untuk memasarkan produk sebelum ditangkap pesaing. Seorang pengusaha diharapkan mampu menciptakan ide serta peluang-peluang baru agar bisnis yang dijalankannya tetap dapat bertahan dari gempuran pesaing. Namun, disamping itu pengusaha juga harus waspada terhadap setiap ancaman yang ada sekarang dan dimasa yang akan datang. Ancaman yang dilakukan pesaing dapat dilakukan secara langsung menyerang kita atau secara pelan-pelan (bergerilya) sebagai berikut:

Hal-hal yang perlu kamu ketahui dari pesaing antara lain:
1. Kelengkapan produk, mutu produk, model produk, desain produk, bentuk produk, kualitas produk.
2. Harga yang ditawarkan pesaing. entah itu harga produk diatas pesaing, harga produk setara pesaing atau harga produk di bawah rata-rata pesaing
3. Saluran distribusi atau lokasi cabang yang dimiliki.
4. Promosi yang dijalankan.
5. Rencana kegiatan pesaing ke depan

Untuk memantau kegiatan pemasaran pesaing terhadap istilah analisis pesaing. Kegiatan ini meliputi:
1. Mengidentifikasi pesaing.
2. Menentukan sasaran pesaing.
3. Identifikasi strategi pesaing.
4. Analisis kekuatan dan kelemahan pesaing.
5. Menentukan sasaran pesaing.
6. Identifikasi reaksi pesaing.
7. Strategi menghadapi pesaing.
    
Dari kegiatan menganalisis pesaing akan dapat kita diketahui:
1. Siapa pesaing kita.
2. Apa sasaran yang ingin mereka capai.
3. Bagaimana strategi yang mereka lakukan.
4. Apa dan di mana kekuatan dan kelemahan pesaing.
5. Bagaimana pola reaksi mereka.
6. Apa-apa saja yang perlu diserang terlebih dahulu.
7. Bagaimana cara menyerangnya.
8. Pesaing mana yang harus dihindari lebih dahulu.
    
Dengan kata lain, analisis pesaing berfungsi untuk membuat gambaran pesaing yang ada sekarang dan dimasa di masa yang akan datang. Untuk lebih jelasnya, gambaran mengenai proses analisis pesaing dapat dilihat dalam skema berikut:
1. Identifikasi pesaing.
2. Menentukan sasaran pesaing.
3. Identifikasi strategi pesaing.
4. Analisis kekuatan dan kelemahan pesaing.
5. Identifikasi reaksi pesaing.
6. Strategi menghadapi pesaing

Pesan yang dapat kami sampaikan kepada kamu 
Majulah tanpa menyingkirkan orang lain
Naiklah tanpa menjatuhkan orang lain
Berbahagialah tanpa menyakiti orang lain
Bersyukurlah untuk hari ini dan seterusnya

 

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam menganalisis kegiatan pesaing agar bisnis kamu tetap dapat berjalan dari gempuran pesaing dekat atau pesaing jauh dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.