9 Sikap Dan Perilaku Wirausaha

Sikap Wirausaha, Perilaku Wirausaha

Sikap dan Perilaku Dalam Dunia Bisnis Yang Harus Ada Dalam Diri Seorang Wirausaha dan Karyawan Perusahaan

Sikap dan perilaku pengusaha kepada seluruh karyawannya merupakan bagian penting dalam etika wirausaha. Oleh karena itu, dalam praktiknya sikap dan perilaku yang harus ditunjukkan oleh pengusaha dan seluruh karyawan, terutama karyawan cs (costomer service), salesteller dan satpam harus sesuai dengan etika yang berlaku. Sikap dan tingkah laku menunjukan kepribadian karyawan suatu perusahaan. Sikap dan perilaku ini harus diberikan kepada seluruh pelanggan tanpa pandang bulu.

Adapun sikap dan perilaku yang harus dijalankan oleh pengusaha dan seluruh karyawan antara lain:

1. Jujur dalam bersikap, berbicara dan bertindak
Sikap jujur merupakan modal utama seseorang karyawan dalam melayani pelanggan. Kejujuran dalam bersikap, berbicara maupun bertindak. Kejujuran inilah yang akan menumbuhkan kepercayaan pelanggan atas layanan yang diberikan.

2. Rajin, tepat waktu dan tidak pemalas
Seseorang karyawan dituntut untuk rajin dan tepat waktu dalam bekerja terutama dalam melayani pelanggan. Disamping itu, karyawann juga dituntut untuk cetakan, terampil, pantang menyerah, selalu ingin tahu, dan tidak mudah putuh asa. Hal yang paling penting adalah hilangkan rasa malas dari diri sendiri dan seluruh karyawan.

3. Selalu murah senyum
Dalam menghadapi pelanggan atau tamu, seseorang karyawan harus selalu murah senyum, jangan sesekali bersikap murung atau cemberut. Dengan senyum kita mampu meruntuhkan hati pelanggan untuk menyukai produk atau perusahaan kita. Pelanggan biasanya akan tersanjung dengan senyum.

4. Lembah lembut, ramah tamah 
Dalam  bersikap dan berbicara pada saat melayani pelanggan atau tamu hendaknya dengan suara yang lemah lembut, ramah tamah. Sikap seperti ini dapat menarik perhatian dan minat tamu dan membuat pelanggan nyaman dengan bisnis yang kita jalani dan kembali lagi lain waktu.

5. Sopan santun dan hormat
Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan hendaknya pengusaha dan karyawan selalu bersikap sopan santun dan hormat kepada pelanggan. Dengan demikin pelanggan juga akan menghormati pelayanan yang diberikan karyawan tersebut.

6. Selalu ceria dan pandai dalam bergaul
Sikap selalu ceria yang ditunjukkan karyawan dapat memecahkan kekakuan yang ada. Sementara itu, sikap pandai bergaul juga akan menyebabkan pelanggan merasa cepat untuk akrab dan merasa seperti teman lama sehingga segala sesuatu berjalan dengan lancar.

7. Fleksibel dan suka membantu pelanggan 
Trik menghadapi pelanggan, karyawan harus dapat memberikan pengertian dan mau mengalah kepada pelanggan. Karena segala sesuatu dapat diselesaikan dan selalu ada jalan keluarnya dengan cara yang fleksibel. Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan asalkan mengikuti peraturan-peraturan yang berlaku. Karyawan juga diharapkan suka menolong pelanggan yang mengalami kesulitan sampai menemui jalan keluarnya.

8. Serius dan memiliki tanggung jawab
Dalam melayani pelanggan karyawan harus serius dan sungguh-sungguh. Karyawan harus sabar dan tabah dalam menghadapi pelanggan yang sulit berkomunikasi atau suka ngeyel. Selain serius, karyawan juga harus mempunyai rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya sampai pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.

9. Rasa memiliki yang tinggi
Seseorang karyawan harus merasa memiliki yang tinggi di tempat mereka bekerja sebagai milik sendiri. Rasa memiliki yang tinggi akan memotivasi karyawan untuk melayani pelanggan dengan sangat baik. Disamping itu, karyawan juga harus memiliki jiwa pengabdian, royal, dan setia terhadap tempat mereka bekerja.

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui sikap dan perilaku yang harus ada dalam benak seorang wirausaha, karena menurut kami sikap dan perilaku sangat berpengaruh kepada kesuksesan seorang pengusaha dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.
Next Post Previous Post