Pengertian Pemasaran

Pemasaran

Pemasaran Melibatkan Pengumpulan Data, Analisis Data Pasar, Perilaku Konsumen, Tren Pasar, Kegiatan Pemasaran Dan Aktivitas Pesaing

    Pemasaran adalah suatu proses yang melibatkan serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh suatu organisasi atau individu untuk menciptakan nilai, mempromosikan produk, barang atau jasa mereka kepada konsumen. Pemasaran bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, keinginan konsumen, meningkatkan keuntungan dan pangsa pasar dari suatu produk atau jasa.
    Dalam pasar dan pemasaran merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Pasar dan pemasaran memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi dan saling memengaruhi satu sama lainnya. Pasar tanpa pemasaran tidak ada artinya, demikian pula sebaliknya. Dengan kata lain, setiap ada kegiatan pasar selalu diikuti oleh pemasaran dan setiap kegiatan pemasaran adalah untuk mencari atau menciptakan pasar.
    Pengertian pemasaran seperti yang telah dikemukakan oleh ahli pemasaran yaitu Philip Kotler adalah:
Suatu proses sosial dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.
    Dari pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran adalah usaha untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen melalui penciptaan suatu produk, baik barang maupun jasa yang kemudian dibeli oleh mereka yang memiliki kebutuhan dan keinginan melalui suatu pertukaran.
    Pengertian pemasaran yang hampir sama dengan pengertian di atas adalah upaya untuk menciptakan dan menjual produk kepada berbagai pihak dengan maksud tertentu. Pemasaran yaitu menciptakan dan mempertukarkan produk baik barang maupun jasa kepada konsumen di pasar. Penciptaan produk tersebut didasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar.

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui pengertian pemasaran dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.
Next Post Previous Post