2 Hasil Dari Analisis Jabatan

Hasil Dari Analisis Jabatan, Analisis Jabatan, Kewirausahaan, Mengelola Sumber Daya Manusia

Analisis Jabatan Digunakan Untuk Mengumpulkan Analisis Data Dan Informasi Suatu Jabatan Tertentu

    Komponen organisasi dan sumber daya manusia (SDM) yang paling penting adalah penentuan pekerjaan karyawan atau jabatan karyawan. Untuk mencapai tujuan, organisasi perlu menetapkan jenis-jenis pekerjaan yang harus dilaksanakan. Manajemen perusahaan khususnya manajemen sumber daya manusia (MSDM) perlu mempunyai informasi dan data yang valid, lengkap serta tepat mengenai semua semua jabatan yang ada agar dapat melaksanakan setiap fungsi manajemen secara keseluruhan. Informasi dan data jabatan tersebut diperoleh dari analisis jabatan.
    Analisis jabatan adalah proses untuk mempelajari dan mengumpulkan berbagai informasi dan data yang berhubungan dengan suatu jabatan. Untuk itu, perlu diketahui pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan, bagaimana mengerjakannya dan mengapa pekerjaan itu harus dilakukan serta persyaratan untuk menduduki suatu jabatan. Dengan kata lain, analisis jabatan dapat diartikan sebagai suatu proses yang sistematis untuk mengumpulkan menganalisis data dan informasi suatu jabatan.
    Hasil dari analisis jabatan akan diperoleh dua hal yaitu:

1. Uraian jabatan

    Dalam uraian jabatan dijelaskan secara lengkap keterangan tentang jabatan yang ada serta segala sesuatu yang berkaitan dengan jabatan tersebut. Adapun isi uraian jabatan meliputi:
  1. Identitas jabatan
  2. Fungsi jabatan
  3. Uraian tugas
  4. Wewenang
  5. Tanggung jawab
  6. Hubungan kerja
  7. Bahan, alat dan mesin yang digunakan
  8. Kondisi kerja

2. Spesifikasi jabatan atau persyaratan jabatan

    Sementara itu, spesifikasi jabatan atau persyaratan jabatan memuat syarat-syarat minimum yang harus dipenuhi oleh seseorang agar dapat melaksanakan jabatan tertentu dengan baik. Persyaratan jabatan harus memuat hal-hal antara lain:
  1. Persyaratan pendidikan
  2. Persyaratan pelatihan
  3. Persyaratan pengalaman
  4. Persyaratan psikologi
  5. Persyaratan khusus

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan.

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui hasil dari analisis jabatan dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.
Next Post Previous Post