8 Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi-Fungsi Dalam MSDM, Kegiatan Manajemen Sumber Daya Manusia Dapat Dijabarkan Dalam Fungsi Manajerial

Fungsi-Fungsi Dalam MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia)

    Hal yang perlu dianalisis perusahaan adalah kesiapan yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia mulai dari pengadaan karyawan, penempatan karyawan di jabatan tertentu sampai dengan penentuan kesejahteraan karyawan seperti penetapan gaji karyawan. Urutan proses ini dilakukan untuk perusahaan yang baru berdiri, sedangkan untuk perusahaan yang sudah berdiri atau sedang berjalan tinggal menyesuaikan dengan keadaan yang sedang berlangsung.
    Manajemen sumber daya manusia adalah konsep yang saling berkaitan dengan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, pengendalian sumber daya manusia, kebijaksanaan, prosedur dan praktik bagaimana mengelola atau mengatur orang dalam perusahaan untuk memastikan bahwa sumber daya manusia digunakan secara efektif dan efisien agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. kegiatan manajemen sumber daya manusia dapat dijabarkan dalam fungsi manajerial yang meliputi:

1. Analisis jabatan

    Analisis jabatan adalah proses untuk mempelajari dan mengumpulkan berbagai informasi yang berhubungan dengan suatu jabatan.

2. Perencanaan sumber daya manusia (perencanaan tenaga kerja)

    Perencanaan sumber daya manusia adalah kegiatan merencanakan jumlah tenaga kerja yang dibutuhan sesuai dengan analisis jabatan yang sudah dibuat.

3. Pengadaan karyawan (penarikan dan seleksi)

    Pengadaan karyawan (procurement) merupakan upaya untuk memperoleh jumlah dan jenis tenaga kerja yang tepat untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau organisasi dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

4. Pelatihan dan pengembangan

    Pelatihan dan pengembangan adalah pelatihan yang diberikan kepada pelamar yang lulus seleksi sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan perusahaan. Di samping itu, dipertimbangkan juga minat dan bakat karyawan sesuai dengan hasil seleksi terdahulu atau pengalaman sebelumnya.

5. Kebijakan kompensasi

    Kebijakan kompensasi merupakan semua imbalan yang diterima karyawan sebagai balas jasa untuk kerja mereka kepada perusahaan.

6. Perencanaan karier

    Perencanaan karier adalah penjalanan kerja seseorang selama berada diperusahaan. Karyawan dapat merencanakan kariernya sejak mulai bekerja sampai berhenti bekerja.

7. Keselamatan dan kesehatan

   Kesehatan dan keselamatan kerja adalah jaminan yang diberikan kepada karyawan perusahaan yang merujuk pada kondisi fisik dan mental karyawan akibat lingkungan kerja. Pihak manajemen dalam hal ini harus berupaya memelihara karyawan dengan berbagai upaya nyata agar mereka tetap bertahan dan merasa dihargai dalam perusahaan.

8. Pemutusan hubungan kerja

    Pemutusan hubungan kerja merupakan kebijakan perusahaan untuk memberhentikan seorang karyawan. Pemutusan hubungan kerja bisa disebabkan oleh berbagai alasan dan sebab.

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui fungsi-fungsi dalam manajemen sumber daya manusia dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.
Next Post Previous Post