Didukung Oleh Tokoangga. Lihat Lebih Lanjut

4 Pertimbangan Memperoleh Suatu Modal

Pertimbangan lainnya adalah jangka waktu pengembalian yang dibutuhkan apakah jangka pendek, jangka menengah atau jangka panjang
Beberapa Pertimbangan Yang Perlu Di Perhatikan Apabila Ingin Memperoleh Suatu Modal, Modal Sendiri, Modal Pinjaman Asing, Modal Investasi, Modal Kerja

Untuk Memenuhi Kebutuhan Konsumen. Suatu Perusahaan Harus Mendapatkan Modal Agar Kegiatan Operasionalnya Tidak Terhambat

    Kebutuhan akan modal begitu besar sehingga modal investasi maupun modal kerja. dapat dicari dari berbagai sumber dana yang ada, yaitu dari modal sendiri atau modal pinjaman asing (modal asing). Modal sendiri adalah modal dari pemilik bisnis atau usaha (owner) sedangkan modal asing adalah modal dari luar perusahaan.
    Seperti yang telah dikemukakan di atas bahwa penggunaan masing-masing modal tergantung dengan maksud dan tujuannya masing-masing. Pertimbangan lainnya adalah jangka waktu pengembalian yang dibutuhkan apakah jangka pendek, jangka menengah atau jangka panjang. Di samping itu, jumlah atau nilai modal yang diinginkan perusahaan juga harus melewati pertimbangan khusus. Pertimbangan yang paling penting adalah faktor besarnya biaya yang harus ditanggung. Hal ini penting karena merupakan komponen biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, faktor-faktor persyaratan yang harus dipenuhi perusahaan ada yang rumit ada juga yang mudah. Jadi, masing-masing modal memiliki keuntungan dan kerugian, baik dari segi biaya, waktu, persyaratan-persyaratan oleh memperolehnya dan jumlah yang dapat dipenuhi.
    Dalam praktiknya pendanaan atau pembiayaan suatu usaha dapat diperoleh secara gabungan antara modal sendiri dengan modal pinjaman. Pilihan apakah menggunakan modal sendiri, modal pinjaman atau gabungan dari keduanya tergantung dari jumlah modal yang dibutuhkan dan kebijakan pemilik usaha.
    Pada awalnya usaha baru, biasanya perusahaan menitikberatkan pada modal sendiri. Hal ini terjadi karena sulitnya memperoleh modal pinjaman terutama dari bank. Pihak bank biasanya jarang memberikan pinjaman untuk usaha baru di bawah 1 tahun. Mengingat bank belum mengenal dan nasabah belum berpengalaman. Namun, perusahaan dapat memperoleh pinjaman dari perusahaan nonbank atau lembaga keuangan bukan bank seperti: pegadaian, pasar modal, pasar uang, fintech (financial technology), perusahaan modal ventura, perusahaan anjak piutang dan leasing.
    Berikut beberapa pertimbangan yang diperlu diperhatikan apabila ingin memperoleh suatu modal adalah sebagai berikut:

1. Tujuan Perusahaan
    Perusahaan perlu mempertimbangkan tujuan penggunaan modal pinjaman tersebut secara matang, apakah untuk modal investasi atau modal kerja, apakah sebagai modal utama atau hanya sekedar modal tambahan, apakah untuk kebutuhan yang mendesak atau tidak.

2. Masa Pengembalian Modal
    Dalam jangka waktu tertentu pinjaman tersebut harus dikembalikan ke kreditor (bank) atau nonbank. Bagi perusahaan jangka waktu pengembalian investasi juga perlu dipertimbangkan sehingga tidak menjadi beban perusahaan di kemudian hari dan tidak mengganggu arus kas (cash flow) perusahaan. Sebaiknya jangka waktu pinjaman disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

3. Biaya Yang Dikeluarkan
    Faktor biaya yang harus dikeluarkan perlu dipertimbangan secara matang misalnya biaya bunga, biaya administrasi, provisi, komisi atau biaya lainnya. Hal ini penting karena biaya merupakan komponen pendukung produksi yang akan menjadi beban perusahaan dalam menentukan harga jual dan laba perusahaan. Besarnya tingkat suku bunga dan biaya lain yang dibebankan bank, nonbank atau lembaga keuangan kepada nasabah berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

4. Estimasi Keuntungan
    Besarnya keuntungan yang akan diperoleh pada masa-masa yang akan datang perlu menjadi pertimbangan. Karena estimasi keuntungan diperoleh dari selisih pendapatan dengan biaya dalam suatu periode tertentu. Besar kecilnya keuntungan perusahaan sangat berperan penting dalam pengembalian dana suatu usaha. Oleh karena itu, perlu dibuatkan estimasi pendapatan dan biaya sebelum memperoleh pinjaman modal atau pendanaan usaha.
    Estimasi pendapatan yang akan diperoleh di masa yang akan datang perlu diperhitungan secara matang, teliti dan cermat dengan membandingkan data serta informasi yang ada sebelumnya. Estimasi biaya-biaya yang akan dikeluarkan selama periode tertentu, termasuk jenis-jenis biaya yang akan dikeluarkan pun perlu dibuat serinci mungkin.

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui 4 pertimbangan yang perlu diperhatikan apabila ingin memperoleh suatu modal dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.