√ 3 Cara Menentukan Sasaran Pesaing - Nearest Business √ 3 Cara Menentukan Sasaran Pesaing - Blog Berbagi Mengenai Wirausaha Nearest Business - Page Not FoundBlog Berbagi Mengenai Wirausaha

3 Cara Menentukan Sasaran Pesaing

Menentukan Sasaran Pesaing, Menyasar Target Sasaran Pesaing

Menyasar Target Sasaran Pesaing Guna Memenangkan Persaingan Bisnis

Untuk kamu yang lama berkecimpung dalam dunia bisnis pasti tidak asing dengan yang namanya pesaing bisnis yang memiliki produk serupa dengan produk yang kamu jual. Tak ayal kamu kebingungan kenapa produk pesaing kamu banyak yang beli sedangan produk kamu jarang yang beli. Oleh karena itu kami ada untuk membantu kalian

Sebagaimana yang telah kami jelaskan di artikel sebelumnya bahwa pesaing terdiri dari 2 jenis yaitu pesaing terdekat dan pesaing jauh. Pesaing terdekat adalah perusahaan yang sama atau perusahaan perusahaan yang memiliki produk sejenis misalnya bank mandiri, bank bri, bank bni, bank bca, bank btn, bank syariah dan bank asing dan bank-bank lainnya. Sementara itu pesaing jauh adalah perusahaan yang memiliki produk yang mirip. Sebagai contoh pesaing untuk bank adalah lembaga keuangan yang kegiatannya memiliki kesamaan dengan bank seperti asuransi, pos giro, pegadaian, leasing, koperasi simpan pinjam, penukar uang (money changer) atau dana pensiun.

Setelah kita mengetahui pesaing dan market share (pangsa pasar) yang telah dikuasai, kita perlu mengetahui sasaran dari pesaing dan siapa yang menjadi target mereka selanjutnya. Keuntungan dari mengetahui sasaran pesaing antara lain memaksimalkan laba, memperluas pangsa pasar (market share), memimpin pasar, meningkatkan mutu produk, meningkatkan kualitas produk atau juga mematikan atau menghambat pesaing lainnya.

1. Jikalau sasaran mereka untuk memaksimalkan laba, kita perlu mengetahui laba jangka pendek atau laba jangka panjang dan apa tindakan selanjutnya yang akan mereka ambil. Sasaran untuk memaksimalkan laba ini dapat dilakukan melalui peningkatan kepuasan konsumen dengan cara antara lain: misalnya melalui pelayanan yang memuasakan atau harga produk yang relatif murah.

2. Jika sasarannya untuk memperbesar pasar, kita perlu mengetahui apakah pertumbuhan (pangsa pasar) market share yang dimiliki cukup besar atau biasanya pertumbuhan market share dapat dilakukan dengan promosi yang cukup gencar dengan diimbangi pembukaan cabang baru yang gencar pula. Untuk dapat meningkatan market share dapat dilakukan dengan cara penurunan harga produk dibawah harga pesaing, mengingat mereka memiliki biaya operasional yang relatif lebih rendah. Hal yang juga perlu diselidiki adalah bahwa peningkatan market share dapat juga dilakukan dengan mengambil market share pesaing lainnya.

3. Peningkatan mutu produk bertujuan untuk menarik pelanggan yang dimiliki pesaing. Peningkatan mutu produk ini dapat dilakukan dengan memberikan berbagai kelebihan, baik dari segi pelayanan ataupun dari kelebihannya misalnya, produk murah tapi berkualitas, bunga yang kompetitif, frekuensi penarikan yang cepat, jumlah jaringan diberbagai negara, mutu produk, teknologi yang dimiliki mutakhir (modern).

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui seberapa besar pentingnya cara menentukan sasaran pesaing dekat dan pesaing jauh untuk memaksimalkan laba bisnis kamu untuk kearah kesuksesan, karena menurut kami pesaing terdekat perlu di waspadai karena nantinya akan berimbas kepada keuntungan (profit) yang diperoleh dari bisnis atau usaha yang sedang kamu jalankan dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.