2 Kegiatan Menetapkan Pasar Sasaran

Kegiatan Menetapkan Pasar Sasaran, Menetapkan Pasar Sasaran, Penetapan Pasar Sasaran, Kewirausahaan, Pasar Dan Pemasaran

Kegiatan Menetapkan Pasar Sasaran Yang Selalu Ingin Dicapai Perusahaan

    Perlu diperhatikan bahwa penentuan segmentasi pasar yang benar dan tepat berpengaruh penting agar perusahaan tidak salah untuk memasuki pasar yang diinginkan. Hal yang paling utama adalah penentuan jumlah dan pertumbuhannya dalam penetapan pasar sasaran.
    Setelah segmentasi pasar selesai dikerjakan atau dilakukan, terdapat beberapa segmen yang dianggap potensial untuk digarap. Menetapkan pasar sasaran berarti mengevaluasi keaktifan setiap segmen pasar, kemudian memilih salah satu dari segmen pasar atau lebih untuk dilayani.
    Kegiatan menetapkan pasar sasaran adalah serangkaian proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengidentifikasi dan memilih segmen pasar yang paling sesuai untuk ditargetkan seperti produk atau layanan. Hal ini melibatkan analisis mendalam terhadap karakteristik pasar, kebutuhan konsumen, keinginan konsumen, preferensi konsumen dan persaingan dalam industri tertentu.
    Menetapkan pasar sasaran dapat dilakukan dengan cara mengembangkan ukuran pasar, tingkat pertumbuhan, segmen pasar yang ada, daya tarik segmen, perilaku konsumen dan kekuatan persaingan. Setelah melakukan analisis, perusahaan dapat memilih satu atau beberapa segmen pasar yang dianggap paling menjanjikan (menguntungkan) dan kemudian mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai untuk menjangkau pasar sasaran tersebut. 
    Tujuan dari kegiatan menetapkan pasar sasaran adalah untuk meningkatkan efisiensi pemasaran, efektivitas pemasaran, menghemat biaya dan memaksimalkan keuntungan dengan fokus pada segmen pasar yang paling potensial serta menguntungkan bagi perusahaan. Kegiatan menetapkan pasar sasaran meliputi beberapa hal antara lain:

1. Evaluasi Segmen Pasar

  • Ukuran dan pertumbuhan segmen antara lain data tentang penjualan terakhir (dalam rupiah), proyeksi laju pertumbuhan dan margin laba dari setiap segmen.
  • Struktural segmen yang menarik dilihat dari segi profitabilitas (kemampuan perusahaan menghasilkan laba). Segmen kurang menarik jika terdapat pesaing yang kuat dan agresif. Perlu juga diperhatikan ancaman dari produk pengganti.
  • Sasaran dan sumber daya perusahaan perlu diperhatikan, diantaranya energi yang dimiliki perusahaan yaitu ketersediaan sumber daya manusia (SDM) dan keterampilan yang dimilikinya.

2. Memilih Segmen yaitu menentukan satu atau lebih segmen yang memiliki nilai tinggi (menguntungkan) bagi perusahaan, segmen mana dan berapa banyak yang dapat dilayani.

  • Pemasaran serba sama yaitu melayani semua pasar dan tawaran pasar tidak ada perbedaan sama sekali. Perlu dicari apa yang sama dalam kebutuhan konsumen. Biasanya produk seperti permen dan camilan dapat dipasarkan untuk semua orang. Keuntungan pemasaran serba sama adalah dapat menghemat biaya operasional perusahaan.
  • Pemasaran serba aneka yaitu merancang tawaran untuk semua pendapatan, tujuan atau kepribadian. Pemasaran jenis ini seperti beda desain untuk industri otomotif (motor atau mobil). Pasar ini memerlukan biaya yang tinggi karena memerlukan analisis, riset dan pengembangan yang mendalam.
  • Pemasaran terpadu, khusus untuk sumber daya manusia yang terbatas

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan.

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui kegiatan menetapkan pasar sasaran dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.
Next Post Previous Post