√ 4 Langkah Sebelum Memulai Bisnis - Nearest Business

4 Langkah Sebelum Memulai Bisnis

Tips dan Cara Memulai Usaha

Riset Terus Menerus Dalam Menyesuaikan Bisnis dan Usaha Terhadap Perubahan Zaman

Tak bisa di pungkiri bahwa pemilik bisnis wajib melakukan riset agar bisnis dan mereka berjalan dengan lancar dan dapat mendongkrak penjualan. Salah satunya dengan riset pasar (market research). Mungkin diantara kamu belum familiar dengan nama tersebut tapi kita akan membahasnya secara saksama, lebih jelas dan terperinci

Riset pasar (market research) adalah suatu proses pengumpulan, merekam, menganalisa data dan informasi mengenai konsumen, pelanggan, kompetitor, pasar dan peluang pasar. Dengan market research dapat membantu para pemilik bisnis untuk membuat rencana bisnis (business plan), memperkenalkan produk atau meluncurkan jasa yang baru, menyesuaikan produk dan jasa yang telah ada dan ekspansi pasar yang lebih luas. Market research juga dapat digunakan untuk menentukan populasi konsumen dan pelanggan yang akan membeli produk dan jasa tentunya berdasarkan umur, jenis kelamin, pekerjaan, lokasi dan tingkat pendapatan daerah.

Sebelum membahas lebih jauh lagi, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai market potential yang juga sama pentingnya untuk kelangsungan bisnis yang kita jalankan dan untuk prospek masa depan yang cerah

Market potential adalah peluang besar yang tersedia dan berpotensi untuk di kuasai sebagai tempat untuk memasarkan produk. Market potential memiliki persamaan rumus yaitu sebagai berikut:

Market = Demand-Pesaing

Market Share merupakan bagian dari market potensial atau permintaan pasar yang dapat terpenuhi dari perusahaan oleh market potensial.

Kembali lagi ke topik kita pembahasan kita yaitu market research

Pertanyaan-pertanyaan apa saja yang dapat dijawab, melalui market research sebagai berikut:
  1. Apa yang terjadi di pasar?
  2. Apa trend dan viralnya?
  3. Siapa saja kompetitornya?
  4. Apa yang menjadi obrolan konsumen mengenai pasar?
  5. Kebutuhan apakah yang mereka anggap penting dan harus terpenuhi?
  6. Apakah kebutuhan tersebut sudah dapat dipenuhi oleh produk yang sudah ada?

Market research dapat digunakan untuk mengetahui apa yang orang-orang mau dan butuhkan. Ketika risetnya sudah selesai maka kita akan dapat mengetahui apa yang pasar inginkan khususnya konsumen dan pelanggan kita.

Berikut ini beberapa langkah-langkah memulai bisnis dan usaha yang harus kamu perhatikan agar mencapai kesuksesan antara lain sebagai berikut:

1. Informasi pasar (market information)
Market information yaitu untuk mengetahui harga dari komoditas-komoditas yang berbeda di pasar, suplai dan permintaan. Contoh dari pertanyaan market information adalah:

  • Siapa saja pelanggannya?
  • Dimana mereka dan bagaimana cara menghubungi mereka?
  • Kualitas, kuantitas dan ketahanan seperti apa yang mereka butuhkan?

Setelah kita mengetahui semua informasi kita perlu mengkaji ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Segmentasi pasar (market segmentation)
Market segmentation adalah divisi dari pasar atau populasi menjadi sub group dengan motivasi yang sama. Digunakan untuk mensegmentasikan termasuk didalamnya perbedaan geografis, perbedaan personality, perbedaan demografis, kegunaan produk dan perbedaan psikologis.

3. Trend pasar (market trends)
Market Trends merupakan landasan dari pergerakan naik turun harga pasar dalam suatu periode waktu tertentu. Ukuran pesar sulit untuk diprediksi apabila kita memulai dari sesuatu yang benar-benar baru. Selain informasi tentang target pasar, kita juga memerlukan yang namanya informasi tentang competitor untuk meminimalisir terjadinya serangan dari pesaing yang dapat berimbas pada penjualan, pelanggan dan produk. Teknik untuk mencegahnya adalah sebagai berikut:

  • Analisis pelanggan (Customer analysis)
  • Pemodelan pilihan (Choice modeling)
  • Analisis pesaing (Competitor analysis)
  • Analisis resiko (Risk analysis)
  • Riset produk (Product research)
  • Riset periklanan (Advertising research)

4. Dominasi pasar (market dominance)
Market dominance adalah ukuran dari kekuatan merek, produk atau jasa yang sejalan dengan penawaran yang kompetitif

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu agar dapat menyiapkan langkah-langkah untuk dapat memulai usaha dan berbisnis dan dapat bersaing dengan kompetitor kamu, Oleh karena itu kamu menyiapkan strategi bisnis secara matang agar mendapatkan hasil yang memuaskan dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.