6 Peran Penelitian

Peran Penelitian, Tujuan Penelitian, Kegunaan Penelitian

Penelitian Yang Selalu Ingin Dicapai Oleh Mahasiswa Semester 8

Perkembangan zaman yang begitu pesat bersamaan dengan persaingan yang ketat dalam mencari pekerjaan memutuskan sebagian orang, mungkin termasuk kamu untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi terbaik di Indonesia untuk mendapatkan gelar sarjana yang tentunya tidak semudah membalikan telapak tangan karena kamu akan melewati serangkaian pembelajaran dari semester 1 sampai semester 8 itupun jika kamu lulus kuliah selama 4 tahun yang bikin otak ngebul belum lagi menyelesaikan skripsi sebagai persyaratan kelulusan untuk mendapatkan gelar sarjana. Iya kalau misalkan lulus tetap waktu alhamdulillah, amit-amit deh kalo sampai semester 14 iya kan. Gak mau kan di cap mahasiswa abadi hehe atau berujung DO (drop out). Oleh karena itu mahasiswa di tuntut untuk memahami dasar penelitian untuk menjadi acuan menyelesaikan skripsi yang menjadi momok menakutkan. 

Perlu kamu ketahui bahwa dari segi bahasa penelitian merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yaitu research. Kata research tersebut berasal dari kata re dan search yang artinya sebagai pencarian kembali. Sejalan dengan itu, maka proses kegiatan penelitian memiliki suatu ciri khas tersendiri sebagai suatu proses yang berjalan secara terus menerus, sebagai suatu proses yang tidak pernah berhenti. Penelitian juga dapat dianalogikan sebagai penyaluran hasrat keingintahuan seseorang dalam taraf keilmuan. Hasrat keingintahuan tersebut dituangkan dalam bentuk pertanyaan (research question), yang memerlukan jawaban. Guna memperoleh jawaban yang diinginkan, maka memerlukan penelitian. Dengan demikian, suatu penelitian yang berhasil harus berakhir dengan terjawabnya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada saat dimulainya penelitian (research). Maka penelitian merupakan suatu rangkaian kegiatan untuk memperoleh bahan-bahan informasi guna pemecahan suatu masalah secara sistematik dan objektif

Didalam suatu penelitian terdapat metode penelitian yang merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.

Hal-hal yang terkandung dalam metode penelitian meliputi:
1. Cara ilmiah untuk mengumpulkan data penelitian
  • Rasional (cara-cara yang masuk akal)
  • Empiris (dapat diamati oleh indra manusia)
  • Sistematis (suatu proses dengan menggambarkan langkah-langkah yang bersifat logis)

2. Data Empiris
Data merupakan sumber informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan peneliti dengan kriteria yaitu valid. Valid disini merujuk pada ketepatan data yang sesungguhnya terjadi pada objek dengan data yang dikumpulkan peneliti.

3. Tujuan Penelitian
  • Penemuan (ada hal baru dari setiap penelitian yang dilakukan)
  • Pembuktian (pembuktian keragu-raguan)
  • Pengembangan (memperdalam atau memperluas ilmu yang ada)

4. Kegunaan Penelitian
  • Memahami penelitian yang sudah diselesaikan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab
  • Memecahkan masalah untuk dapat meminimalkan masalah 
  • Mengantisipasi masalah agar masalah tidak terjadi di masa yang akan datang

Berikut ini beberapa peran penelitan antara lain:
1. Peran penelitian sebagai ilmu pengetahuan dapat dipelajari dan semakin berkembang.

2. Peran penelitian sebagai ilmu bantu untuk dapat dijadikan alat untuk membantu pengembangan ilmu-ilmu terdahulu dan ilmu yang lain.

3. Peran penelitian dapat digunakan sebagai alat yang dapat mendorong para pelakunya untuk pengembangan dirinya bagi pendalaman dan pengembangan ilmu pengetahuan.

4. Peran penelitian dapat digunakan sebagai alat perbaikan dan pengembangan manajemen.

5. Peran penelitian dapat dikembangkan sebagai suatu profesi untuk membantu pihak lain dalam penyediaan informasi.

6. Peran penelitian dapat digunakan sebagai alat untuk mencari kebenaran objektif.

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu agar dapat lulus tepat waktu dengan hasil yang memuaskan dan semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.
Next Post Previous Post