√ 4 Keuntungan Dan Kerugian Mesin Diesel - Nearest Business √ 4 Keuntungan Dan Kerugian Mesin Diesel - Blog Berbagi Mengenai Wirausaha Nearest Business - Page Not FoundBlog Berbagi Mengenai Wirausaha

4 Keuntungan Dan Kerugian Mesin Diesel

Keuntungan Mesin Diesel, Kerugian Mesin Diesel

Keuntungan dan Kerugian Yang Kamu Terima Dalam Penggunaan Mesin Diesel

Hai kamu yang disana semoga dalam keadaan sehat dan untuk kamu yang sedang dalam keadaan sakit semoga lekas sembuh. Kali ini kita membahas seputar keuntungan dan kerugian mesin diesel yang mungkin tidak asing ditelinga temen-temen semua. Bagaimana tidak setiap hari kita menggunakan transportasi salah satunya mobil, hayo disini siapa yang belum pernah naik mobil?, sama dong kayak mimin hehe. Bicara mengenai mobil, mobil itu terbagi menjadi dua yaitu mobil diesel dan mobil bensin kali ini yang kita bahas yaitu mesin diesel sebelum mengupas mengenai mesin diesel. Kita flashback dulu ke masa pacaran sama mantan ehh ehh ehh maksudnya ke awal mulai motor bakar diesel atau sering disebut mesin diesel (mesin pemicu kompresi). 

Pada tahun 1892 seseorang bangsa Jerman bernama Rudolf Diesel merencanakan proyek motor bakar diesel jenis baru yang tidak memerlukan busi dalam menyalakan bahan bakar. Motor bakar diesel (mesin diesel) tersebut direncanakan dengan mempergunakan perbandingan kompresi yang tinggi, disamping itu bukan menggunakan campuran udara dan bensin melainkan hanya udara segar saja yang dihisap masuk ke dalam silinder pada langkah hisap. Maka dengan mempergunakan perbandingan kompresi yang tinggi didapatkan temperatur udara yang tinggi pada akhir langkah kompresi, sehingga pada saat demikian disemprotkan bahan bakar berupa minyak solar atau minyak diesel ke dalam ruang bakar dan bahan bakar tersebut segera menyala atau terbakar tanpa memerlukan loncatan bunga api (percikan) dari busi sebagaimana pada motor bensin pada umumnya. 

Selain digunakan pada mobil pribadi dan mobil penumpang mesin diesel juga digunakan pada bus, truk, traktor, kapal laut, kereta api, pabrik-pabrik atau industri besar dan sebagai tenaga penggerak pada pembangkit tenaga listrik. Dalam penggunaan mesin diesel pada kendaraan bertenaga besar cenderung lebih menguntungkan dibandingkan dengan kendaraan yang bertenaga kecil sehingga mesin diesel hampir tidak pernah digunakan pada sepeda motor. Meski tidak cocok dengan mesin diesel ternyata ada loh temen-temen sepeda motor yang dinamai Royal Enfield Bullet Diesel yang mengusung tema sepeda motor diesel yang dijual dengan nama Taurus mulai pada tahun 1980. Sepeda motor diesel ini ditanamkan mesin berkapasitas 325 cc (cubical centimeter) satu silinder dengan output tenaga berkisar 6,5 hp (horse power) dan 15 Nm (Newton meter). Mesin diesel akan lebih praktis digunakan pada mesin-mesin yang memerlukan tenaga besar seperti pada mesin untuk kapal laut, kereta api, pabrik, industri, pembangkit tenaga listrik dan lain-lain.

Prinsip cara kerja motor diesel (mesin diesel) berbeda dengan prinsip cara kerja motor bensin (mesin diesel). Dalam motor bensin campuran bensin dan udara dinyalakan oleh letusan bunga api dari gusi busi, sedangkan dalam motor diesel hanya udara yang dihisap ke dalam silinder yang kemudian di kompresikan. Karena kompresi itu udara akan menjadi sedemikian panas sehingga bahan bakar solar yang dikeluarkan disemprotkan menggunakan nosel (nozzel) kedalam silinder akan menyala dengan sendirinya.

Berbeda halnya dengan proses pembakaran motor diesel, proses pembakaran motor bensin ini dimulai dari percikan kembang api bunga api dari busi, sedangkan pada motor diesel proses ini dapat dimulai dari sembarang titik di dalam ruang bakar, dimana terdapat campuran bahan bakar dan udara yang memungkinkan terjadinya penyalaan. Jadi, pada motor diesel proses pembakaran tersebut dapat dimulai sekaligus pada beberapa tempat. 

Berikut ini perbedaan antara motor bakar bensin (mesin bensin) dengan motor bakar diesel (mesin diesel) antara lain:
1. Bahan bakar mesin diesel yang dipakai adalah solar yang harganya lebih murah ketimbang dengan harga bahan bakar bensin.

2. Pada mesin diesel tidak menggunakan busi sebagai alat menyalakan bahan bakar bensin tetapi menggunakan ejektor atau pengabut bahan bakar (injector) yang berfungsi untuk menyemprotkan minyak solar ke ruang bakar, dimana penyalaan bahan bakar solar disebabkan oleh udara yang bertekanan tinggi pada ruang bakar maka dari itu dipasang busi pijar sebagai alat yang membantu untuk meningkatkan suhu udara pada ruang bakar mesin, fungsi dari ruang bakar ini agar memudahkan atau mempercepat proses pembakaran.

3. Adanya pompa bahan bakar khusus dari bosch pump dengan regulator atau pengatur putaran mesin dan pengaturan banyaknya bahan bakar yang dipompa sehubungan kecepatan yang dikehendaki. Sedangkan pada mesin bensin bernama fuel pump atau sering disebut dengan pompa bahan bakar diesel yaitu sebuah komponen yang berfungsi untuk memompa bahan bakar kendaraan dari tangki penyimpanan bahan bakar menuju ruang bakar mesin.

4. Suara yang dihasilkan oleh mesin diesel cenderung besar dibandingkan suara yang dihasilkan dari mesin bensin.

5. Pemeliharaan mesin diesel lebih rumit dan lebih sering dilakukan ketimbang mesin bensin.

6. Mesin diesel lebih cocok untuk pengoperasian mesin yang lebih lama, kalau pada mesin bensin bisa dihidupkan dan dimatikan dalam hitungan menit tetapi untuk mesin diesel tidak cocok untuk penggunaan mesin yang sebentar hidup dan sebentar dimatikan.

7. Secara visual untuk dapat membedakan antara mesin bensin dengan mesin diesel adalah sebagai berikut:

  • Pada mesin bensin terlihat letak busi, distributor dan karbulator

  • Pada mesin diesel terlihat letak pengabut atau nosel injektor (injector nozzel), pompa bosch (bosch pump), pompa injeksi (injector pump). Pada mesin diesel tidak ada karburator, tidak ada busi dan tidak ada distributor

Setelah kita mambahas mengenai perbedaan mesin diesel dengan mesin bensi maka selanjutnya kita membahas mengenai apasih keuntungan dan kerugian dari mesin diesel dibandingkan dengan motor bensin berikut ini:
Keuntungan motor bakar diesel (mesin diesel) dibandingkan dengan motor bakar bensin (mesin bensin):
1. Pemakaian bahan bakar (mesin diesel) lebih hemat disebabkan efisiensi panas yang lebih baik dan biaya operasi lebih hemat sebab harga solar lebih murah dari bahan bakar bensin.

2. Daya tahan lebih lama dan gangguan lebih sedikit karena tidak memerlukan pengapian.

3. Jenis bahan bakar yang dapat digunakan lebih banyak.

4. Variasi momen yang lebih kecil pada tiap-tiap kecepatan yang memungkinkan fleksibilitas dan operasinya mudah, mesin diesel ini cocok untuk kendaraan besar.

Kerugian motor bakar diesel (mesin diesel) dibandingkan dengan motor bakar bensin (mesin bensin):
1. Menimbulkan suara dan getaran yang besar karena tekanan sangat tinggi pada saat pembakaran sedangkan pada motor bensin suara dan getaran tidak terlalu besar.

2. Bahan dan konstruksi lebih rumit agar tahan terhadap perbandingan kompresi yang tinggi yang mengakibatkan bobot persatuan tenaga kuda dan biaya produksi yang lebih besar. Sedangkan pada mesin bensin dibuat tidak terlalu rumit dan dibuat sedemikian rupa sehingga tidak diperlukan perawatan ekstra.

3. Pembuatan pompa injeksi (injector pump) memerlukan ketelitian sehingga perawatan lebih sulit dan lebih mahal. Pada mesin bensin kamu tidak perlu rutin mengecek dan tidak perlu memberikan perhatian khusus pada mobil yang menggunakan bahan bakar bensin.

4. Pada mesin diesel memerlukan kapasitas baterai dan motor stater yang lebih besar agar dapat memutar poros engkol dengan kompresi yang tinggi. Hal ini berbanding terbalik dengan mesin bensin yang tidak memerlukan kapasitas baterai yang besar.

Kami menyarankan untuk kamu yang memiliki mobil diesel untuk mendapatkan performa terbaik maka dalam hal ini penyemprotan atau injektor bahan bakar dapat memenuhi fungsinya dengan sebaik-baiknya. Maka diperlukan tekanan penyemprot yang sesuai dengan kebutuhannya, tekanan penyemprot tersebut pada umumnya berkisar antara 150 sampai dengan 200 barometer dan sangat tergantung pada jenis ruang bakar yang digunakan. Oleh karena itu diperlukan pompa bahan bakar untuk menekan bahan bakar tersebut masuk ke dalam ruang bakar dengan sarana penyemprot bahan bakar (nosel) atau juga bisa disebut juga injektor.

Apakah artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu kamu dalam mengetahui perbedaan antara mesin diesel dengan mesin bensin beserta keuntungan Dan kerugian mesin diesel dibandingkan mesin bensin. Semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.